EKSPRESI OSTEOPROTEGERIN DAN RANKL PADA SOKET SETELAH PEMBERIAN HIDROKSI APATIT TOOTH GRAFT Studi Pada Hewan Coba Tikus Wistar (Rattus novergicus)

WINIDIASTUTI ANITASARI, 021418056302 (2017) EKSPRESI OSTEOPROTEGERIN DAN RANKL PADA SOKET SETELAH PEMBERIAN HIDROKSI APATIT TOOTH GRAFT Studi Pada Hewan Coba Tikus Wistar (Rattus novergicus). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (full text)
WINIDIASTUTI A. .... PERPUSTAKAAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 November 2020.

Download (2MB)

Abstract

Perawatan penyakit periodontal dapat dilakukan secara bedah dengan menggunakan bone graft. Tooth graft merupakan alternatif bahan graft untuk perawatan penyakit periodontal dengan bedah rekonstruktif karena mengandung bahan-bahan organik dan inorganik yang mirip dengan tulang. Tujuan : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi hidroksiapatit pada tooth graft sebagai pengganti bahan graft konvensional dengan menggunakan parameter OPG dan RANKL. Metode : Penelitian ini merupakan studi pada tikus wistar dengan post only control group design. Dalam penelitian ini 18 tikus wistar dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Soket bekas pencabutan tikus pada kelompok perlakuan di aplikasikan hidroksiapatit tooth graft, sedangkan kelompok kontrol dibiarkan menyembuh secara alami. Ekspresi OPG dan RANKL dilihat pada hari ke empatbelas pasca perlakuan. Hasil : Independent t-test digunakan untuk menganalisa hasil penelitian. Hasil uji menunjukkan bahwa ekspresi OPG pada kelompok kontrol dan perlakuan menunjukkan nilai p0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan. Hasil uji RANKL pada kelompok kontrol dan perlakuan menunjukkan hasil p0,0 yang berarti terdapat perbedaan signifikan. Hasil uji OPG dan RANKL perlakuan menunjukkan hasil p˃0,05 yang berarti tidak ada perbedaan signifikan. Kesimpulan : Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa hidroksiapatit tooth graft mampu meningkatkan ekspresi OPG dan RANKL

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.PERI 03/17 Ani e
Uncontrolled Keywords: Tooth graft, OPG, RANKL
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Periodontics
Creators:
CreatorsNIM
WINIDIASTUTI ANITASARI, 021418056302UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgung Krismariono, drg, Dr. ., M.Kes.,Sp.Perio(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2017 20:35
Last Modified: 06 Nov 2017 20:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65960
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item