GAMBARAN KEMATANGAN EMOSI PADA REMAJA DARI KELUARGA SINGLE MOTHER

NADYA VERNANDA, 111311133057 (2017) GAMBARAN KEMATANGAN EMOSI PADA REMAJA DARI KELUARGA SINGLE MOTHER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Psi.73-17 Ver g - Abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
Psi.73-17 Ver g - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kematangan emosi pada remaja dari keluarga single mother. Penelitian ini menggunakan kriteria kematangan emosi menurut Murray (1992) sebagai perspektif teori. Teori tersebut digunakan untuk menyusun pertanyaan, mengumpulkan data penelitian, analisis data yang diperoleh serta pembahasan hasil penelitian. Subjek pada penelitian ini terdiri dari tiga orang remaja yang tinggal atau hidup bersama single mother. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus intrinsik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan pengumpulan data dengan dokumen. Analisis data penelitian menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja dari keluarga single mother mempunyai kematangan emosi yang berbeda satu sama lain. Sebagian besar remaja dari keluarga single mother mengalami persamaan yaitu fluktuatif dalam mengendalikan emosi karena tergantung pada penerimaan diri individu, pemaknaan pengalaman indvidu, dan interaksi individu dengan orangtua serta pengetahuan yang luas tentang pergaulan dan memilih teman. Remaja dari keluarga single mother lebih dapat mengekspresikan perasaannya kepada orang yang mengerti dan memahami perasaannya, sedangkan kepada orang yang bersikap tidak peduli, mereka tidak dapat mengekspresikan perasaannya. Remaja dari keluarga single mother menjadikan pengalamannya di masa lalu sebagai pelajaran yaitu dengan pengontrolan diri dan pemahaman seberapa baik atau buruk dalam setiap tindakannya. Remaja dari keluarga single mother mempunyai strategi menyelesaikan masalah yaitu dengan melakukan kegiatan yang dapat menenangkan dan menghibur diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 73-17 Ver g
Uncontrolled Keywords: Kematangan emosi, Remaja, Single Mother
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
NADYA VERNANDA, 111311133057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVeronika Suprapti, Dra., M.S.Ed., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Nov 2017 16:05
Last Modified: 08 Nov 2017 16:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66115
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item