PENGARUH BEBAN KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PELAYANAN FARMASI (Studi di Instalasi Farmasi RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya)

IKA NURMAYA, 101414453015 (2016) PENGARUH BEBAN KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PELAYANAN FARMASI (Studi di Instalasi Farmasi RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TKA.04 17 Nur p.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TKA.04 17 Nur p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Data Standar Pelayanan Minimal Instalasi Farmasi Bhakti Dharma Husada (BDH) Surabaya tahun 2014-2015 terjadi penurunan kinerja tingkat ketercapaian waktu tunggu pada obat jadi sebesar 6,3 %, dan obat racikan sebesar 18,2 %. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh beban kerja dan kompetensi terhadap kinerja karyawan. Metode yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan data primer (wawancara terstruktur, dengan bantuan kuesioner dan observasi) dan sekunder (dokumen Sasaran Kinerja Pegawai (SKP)) kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa Karyawan Tenaga Teknis Kefarmasian dengan beban kerja subyektif ringan sebagian besar memiliki kinerja (proses, output) yang kurang. Karyawan Tenaga Teknis Kefarmasian dengan dengan beban kerja obyektif berat sebagian besar memiliki kinerja (proses, output) yang kurang. Karyawan Pekarya dengan knowledge kurang sebagian besar memiliki kinerja (proses, output) yang kurang. Karyawan Apoteker dengan skills baik sebagian besar memiliki kinerja (proses, output) yang baik. Kesimpulannya beban kerja (subyektif, obyektif) berpengaruh lemah terhadap kinerja (proses, output). Kompetensi (knowledge, skills) berpengaruh kuat terhadap kinerja proses. Namun kompetensi (knowledge, skills) berpengaruh lemah terhadap kinerja output. Disarankan pada manajemen RSUD BDH mengelola beban kerja obyektif agar optimal. Perlu dilakukan rotasi karyawan untuk mengatasi kebosanan dan rutinitas yang menjemukan terutama pada karyawan dengan lama kerja >3 tahun Karyawan harus ditingkatkan knowledge and skillsnya melalui pendidikan dan pelatihan, supaya dapat mencapai kinerja yang baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK-2 TKA.04/17 Nur p
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Beban kerja, Kompetensi, Pelayanan Farmasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
IKA NURMAYA, 101414453015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagus Qomaruddin, Dr., Drs., M.Sc.UNSPECIFIED
Thesis advisorDewi Retno, Dr., Dra., M.Si., Psikolog.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Nov 2017 22:19
Last Modified: 08 Nov 2017 22:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66152
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item