PENGARUH AUTOGENIC DAN HANDGRIP RELAXATION TERHADAP ASPEK FISIK, ASPEK PSIKOLOGIS, DAN KADAR KORTISOL PADA PENDERITA KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI

MARETA DEA ROSALINE, 131514153037 (2017) PENGARUH AUTOGENIC DAN HANDGRIP RELAXATION TERHADAP ASPEK FISIK, ASPEK PSIKOLOGIS, DAN KADAR KORTISOL PADA PENDERITA KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tesis.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2020.

Download (3MB)

Abstract

Wanita dengan kanker payudara yang menjalani kemoterapi mengalami efek samping pada aspek fisik dan aspek psikologis selama menjalani kemoterapi. Pada kondisi ini dibutuhkan terapi komplementer untuk merileksasikan pasien sebelum menjalani kemoterapi, salah satunya dengan Autogenic dan Handgrip Relaxation dengan melalui teknik sugesti diri Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh autogenic dan handgrip relaxation terhadap aspek fisik (mual muntah dan kelelahan), aspek psikologis (kecemasan) dan kadar kortisol pada penderita kanker payudara yang menjalani kemoterapi di PPLK (Pusat Pengembangan Layanan Kanker) RSUD dr. Soetomo Surabaya Metode: Penelitian ini menggunakan True Experimental dengan post test only with control design. Sampel penelitian berjumlah 72 responden dan dibagi ke dalam 3 kelompok perlakuan dan 1 kelompok kontrol. Penelitian dilakukan dalam 3 minggu setelah pasien kemoterapi sampai sesi kemoterapi selanjutnya. Uji statistik yang digunakan adalah MANOVA dan LSD (Least Significant Difference) Hasil: Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh autogenic dan handgrip relaxation terhadap aspek fisik, aspek psikologis, dan kadar kortisol dengan nilai p=0.000 (p<0.05). Dari hasil uji LSD tidak ada perbedaan intervensi antara autogenic relaxation, handgrip relaxation, dan autogenic relaxation Kesimpulan: Penerapan autogenic dan handgrip relaxation berpengaruh terhadap mual muntah, kelelahan, kecemasan, dan kadar kortisol sehingga pasien mampu beradaptasi dan mengendalikan respon tubuh menjadi adaptif pada penderita kanker payudara yang menjalani kemoterapi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 14/17 Ros p
Uncontrolled Keywords: Kanker Payudara, Autogenic, Handgrip, Mual Muntah, Kelelahan, Kecemasan, Kortisol
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
MARETA DEA ROSALINE, 131514153037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDesak Gede Agung S, Dr.,dr.,Sp.B(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2017 22:42
Last Modified: 08 Nov 2017 22:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66163
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item