PENERAPAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR TERHADAP PERILAKU KEPATUHAN PERAWAT DALAM PENCEGAHAN VENTILATOR-ASSOCIATED PNEUMONIA (VAP) DI ICU RUMAH SAKIT KATOLIK SURABAYA

Ni Ketut Suadnyani, 131514153030 (2017) PENERAPAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR TERHADAP PERILAKU KEPATUHAN PERAWAT DALAM PENCEGAHAN VENTILATOR-ASSOCIATED PNEUMONIA (VAP) DI ICU RUMAH SAKIT KATOLIK SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS KETUT SUADNYANI, FKP.pdf
Restricted to Registered users only until 13 November 2020.

Download (2MB)

Abstract

Ventilator-Associated Pneumonia adalah salah satu dari Healthcare-Associated Infections (HCAI) dan terjadi sekitar 10-20% pada pasien dengan alat ventilator. Ventilator-Associated Pneumonia merupakan penyebab utama kematian pada HCAI yang memerlukan perlakuan dalam pencegahannya secara khusus. Pencegahan VAP belum dilakukan optimal, seperti perawat belum melakukan handhygiene dan oral care sesuai SPO, elevasi kepala belum sesuai indikasi. Tujuan penelitian adalah menerapkan Theory of Planned Behavior terhadap perilaku kepatuhan perawat dalam pencegahan VAP di ICU Rumah Sakit Katolik Surabaya. Metode: Desain penelitian adalah explanative observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah perawat pelaksana yang bekerja di ICU dengan jumlah sampel 30 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Variabel penelitian adalah sikap umum, usia, pendidikan, pengalaman, pengetahuan, sikap terhadap VAP, norma subjektif, persepsi terhadap pengendalian, intensi, perilaku kepatuhan pencegahanVAP. Instrumen berupa kuesioner dan observasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan bivariate Chi-Square dan Partial Least Square, didapatkan isu strategis dan dilakukan Focus Group Discussion. Hasil dan Analisa: Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sikap, usia dan pengalaman berhubungan dengan faktor pendukung intensi 2) Faktor pendukung intensi berhubungan dengan intensi 3) Intensi berhubungan dengan perilaku kepatuhan pencegahan VAP. Diskusi dan Kesimpulan: Perilaku kepatuhan pencegahan VAP mempertimbangkan background factor, faktor pendukung intensi, intensi. Rekomendasi: Peningkatan intensi perawat dalam pencegahan VAP dapat membentuk perilaku kepatuhan yang positif serta pengadaan buku panduan pencegahan VAP pada klien dengan ventilator dapat memudahkan pemantauan pencegahan VAP.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 40/17 Sua p
Uncontrolled Keywords: Theory of Planned Behavior, Ventilator Associated Pneumonia Perilaku kepatuhan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Ni Ketut Suadnyani, 131514153030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKusnanto, Dr.,S.Kp.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:16
Last Modified: 13 Nov 2017 02:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66445
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item