KORELASI HITUNG CD4 AWAL DENGAN PENINGKATAN ALANINE AMINOTRANSFERASE (ALT) PADA PENDERITA HIV YANG MENDAPATKAN NEVIRAPINE Penelitian Analisis Observasional Cross-Sectional Di Instalasi Rawat Jalan UPIPI Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya

ABDUR ROKHIM, NIM011080219 (2017) KORELASI HITUNG CD4 AWAL DENGAN PENINGKATAN ALANINE AMINOTRANSFERASE (ALT) PADA PENDERITA HIV YANG MENDAPATKAN NEVIRAPINE Penelitian Analisis Observasional Cross-Sectional Di Instalasi Rawat Jalan UPIPI Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text (full text)
FULLTEXT KARYA AKHIR ABDUR ROKHIM.pdf
Restricted to Registered users only until 14 November 2020.

Download (1MB)

Abstract

Nevirapine (NVP) merupakan salah satu obat antiretroviral (ARV) yang paling banyak digunakan di negara-negara berkembang. Namun, salah satu yang menjadi perhatian utama saat ini adalah tingginya laporan risiko terjadinya hepatotoksisitas terkait dengan penggunaan NVP pada sekitar 6-30% pasien dan menjadi penyebab dihentikannya terapi ARV pada 2-10% pasien akibat gangguan hati berat yang ditandai dengan peningkatan alanine aminotransferase (ALT). Hepatotoksisitas pada penderita HIV dapat disebabkan oleh banyak faktor. Dua mekanisme hepatotoksisitas NVP telah diajukan. Salah satu mekanisme diantaranya merupakan immune-mediated hypersensitivity reaction yang menginduksi terjadinya reaksi hepatotoksisitas yang diduga terkait dengan hitung CD4 awal. Namun demikian, terdapat ketidak konsistenan dalam hal keterkaitan antara hitung CD4 awal dan peningkatan kadar ALT yang telah dilaporkan pada beberapa penelitian. Tujuan: Menentukan korelasi antara hitung CD4 awal dengan peningkatan kadar ALT pada penderita terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang mendapatkan NVP selama 3 bulan. Metode: Penelitian analitik observasional cross-sectional, sebanyak 30 orang pasien terinfeksi HIV yang mendapatkan pengobatan NVP. Masing-masing pasien diperiksa hitung CD4 awal dan kadar ALT awal sebelum mendapatkan pengobatan NVP, setelah 3 bulan mendapatkan pengobatan NVP dilakukan pemeriksaan kadar ALT kembali untuk mengetahui peningkatan kadar ALT, kemudian dilakukan analisis korelasi dengan menggunakan uji Spearman’s. Data diambil dari rekam medis pasien di poli rawat jalan Penyakit Dalam (UPIPI). Hasil: Didapatkan 30 pasien terinfeksi HIV yang mendapatkan NVP yang terdiri dari 21 (70%) laki-laki dan 9 (30%) wanita dengan rerata usia 33,67 ± 7,73 tahun, median hitung CD4 awal sebesar 45,0 sel/μL, median peningkatan kadar ALT sebesar 14,0 U/L. Hasil uji korelasi Spearman’s didapatkan korelasi negatif antara hitung CD4 awal dengan peningkatan kadar ALT namun tidak signifikan secara statistik (r= -0,107; p= 0,573). Pada subanalisis didapatkan korelasi positif antara kadar ALT awal dengan peningkatan kadar ALT ( r= 0,427; p= 0,019). Kesimpulan: Hitung CD4 awal tidak berkorelasi dengan peningkatan kadar ALT pada penderita HIV yang mendapatkan ARV berbasis NVP.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS IPD 18/17 Rok k
Uncontrolled Keywords: Hitung CD4, peningkatan kadar ALT, HIV, NVP
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Dalam
Creators:
CreatorsNIM
ABDUR ROKHIM, NIM011080219NIM011080219
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUsman Hadi, Prof.,dr.,PhD.,SpPD-KPTIUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2017 23:25
Last Modified: 13 Nov 2017 23:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66478
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item