RANCANG BANGUN SISTEM SENSOR TELEMETRI NIRKABEL SEBAGAI MONITOR PERKEMBANGAN DAN PERAWATAN LUKA KRONIS AKIBAT DIABETES (DIABETIC FOOT)

WIRDA ADILA RIDYANANDA, 081211732007 (2017) RANCANG BANGUN SISTEM SENSOR TELEMETRI NIRKABEL SEBAGAI MONITOR PERKEMBANGAN DAN PERAWATAN LUKA KRONIS AKIBAT DIABETES (DIABETIC FOOT). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST T 16-17 Rid r Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST T 16-17 Rid r Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian dengan judul Rancang Bangun Sistem Sensor Telemetris Nirkabel Sebagai Monitor Perkembangan dan Perawatan Luka Kronis Akibat Diabetes (Diabetic Foot) bertujuan untuk merancang sistem sensor yang dapat memonitor perkembangan luka kronis dalam proses perawatan luka kronis pada penderita diabetes yang mengalami diabetic foot. Sensor utama pada penelitian ini adalah sensor DHT-11 yang dapat mengukur suhu dan kelembaban, dengan menggunakan Arduino Uno sebagai perangkat mikrokontroler dan Bluetooth HC- 05 sebagai komponen transmisi. Suhu dan kelembaban dipilih karena merupakan faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan tingkat keparahan suatu luka kronis. Prinsip kerja sistem sensor ini adalah mengukur kelembaban dan suhu di area luka kronis dan mentransmisikan hasilnya pada aplikasi ponsel berbasis Android yang dirancang khusus secara nirkabel, dan ketika suhu mencapai nilai batas tertentu yang ditetapkan pada setiap grade, alat akan mengirimkan peringatan pada aplikasi agar penanganan luka lebih lanjut dapat dilakukan. Berdasarkan hasil pengukuran, kelembaban area luka berkisar antara 63% - 89% RH, sementara suhu area luka berada pada kisaran 27°-35°C. Pada grade yang lebih rendah, suhu rata-rata area luka lebih tinggi. Namun pada grade yang lebih tinggi, kelembaban rata-rata area luka meningkat. Sistem peringatan akan menyala pada suhu 68%RH untuk luka yang masuk grade 1, 72% untuk luka masuk grade 2, 80%RH untuk luka masuk grade 3, 85% untuk luka kronis masuk grade 4, dan 87% untuk luka kronis masuk grade 5. Sistem sensor nirkabel untuk monitor perkembangan luka kronis dengan sistem peringatan ini bisa dijadikan alat bantu dalam perawatan luka kronis akibat diabetes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T.16/17 Rid r
Uncontrolled Keywords: Luka kronis, grade luka, Suhu, Kelembaban, sistem peringatan
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415-436 Biochemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM
WIRDA ADILA RIDYANANDA, 081211732007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuhariningsih, Prof. Dr. Ir.UNSPECIFIED
Thesis advisorTri Anggono Prijo, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 03 Jan 2018 22:51
Last Modified: 03 Jan 2018 22:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66518
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item