EKSTRAK DAUN Jarak Tintir (Jatropha Multifida L) TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH FIBROBLAST DAN PENURUNAN EKSPRESI vascular endothelial cell growth (VEGF) PADA PROSES PENYEMBUHAN APHTHOUS ULCER MUKOSA MULUT TIKUS Rat norvegicus

CH. DESTRI, 091424353003 (2017) EKSTRAK DAUN Jarak Tintir (Jatropha Multifida L) TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH FIBROBLAST DAN PENURUNAN EKSPRESI vascular endothelial cell growth (VEGF) PADA PROSES PENYEMBUHAN APHTHOUS ULCER MUKOSA MULUT TIKUS Rat norvegicus. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TI. 02-17 Des e abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TI. 02-17 Des e fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 15 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aphthous ulcer yang sering dikenal sebagai sariawan adalah penyakit mukosa mulut yang paling umum terjadi hingga 25% dari populasi manusia di dunia. Pada umumnya terapi lebih diarahkan pada pengendalian rasa sakit dan harapan penyembuhan yang lebih cepat. Peningkatan pemakaian obat dengan kandungan asli dengan alasan lebih bebas efek toksik, mudah didapat dan harga yang terjangkau menyebabkan pemakaian tanaman sebagai bahan obat menjadi alternatif pilihan. Jatropha multifida adalah tanaman dengan kandungan bahan bioaktif flavonoid, diterpenoid, tanin dan saponin dikenal masyarakat sebagai tanaman betadine yang banyak dipergunakan sebagai tanaman obat. Metode penelitian menggunakan 54 tikus Rat norvegicus yang terbagi menjadi kelompok normal, K0 (CMC-Na3%), P1/JM 2,5%; P2/JM 5% dan P3/JM 10% untuk menganalisa variabel jumlah fibroblast dan ekspresi vascular endothelial growth factor pada luka sariawan yang dibuat dengan menggunakan burnisher yang dipanaskan. Pemberian ekstrak J.multifida secara topikal dilakukan 2 kali sehari kemudian tikus dikorbankan pada hari ke-3 dan hari ke-5. Pemakaian pewarnaan Hematoxilin eosin dan imunohistokimia pada preparat jaringan mulut tikus digunakan untuk melihat jumlah fibroblast dan ekspresi VEGF. Hasil analisa statistik varibel jumlah fibroblast dan ekspresi VEGF menunjukkan perbedaan yang signifikan (p<0,05). Konsentrasi ekstrak J.multifida 5% mempengaruhi jumlah fibroblast dan ekspresi VEGF untuk proses penyembuhan luka pada mukosa mulut tikus berjalan lebih baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TI. 02-17 Des e
Uncontrolled Keywords: Aphthous ulcer, Vascular endothelial growth factor, fibroblast, Jatropha multifida
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Imunologi
Creators:
CreatorsNIM
CH. DESTRI, 091424353003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Ketut Sudiana, Prof. Dr., M.Si,UNSPECIFIED
Thesis advisorJusak Nugraha, Prof. Dr., dr.,MS.,Sp.PK (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Nov 2017 20:30
Last Modified: 14 Nov 2017 20:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item