GENOTYPING Perkinsus olseni PADA TIRAM MUTIARA (Pinctada maxima)

INDAH PERMATA SARI, 091224153001 (2016) GENOTYPING Perkinsus olseni PADA TIRAM MUTIARA (Pinctada maxima). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TBPK. 07-17 Sar g abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TBPK. 07-17 Sar g fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit parasiter tiram mutiara yang disebabkan oleh Perkinsus disebut dengan Perkinsosis yang menyebabkan organ dalam menjadi pucat, mantel tertarik ke bawah dan kematian tiram mutiara 80-100%. Kasus Perkinsosis yang terjadi dibeberapa inang dan berbagai wilayah di dunia dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya mutasi atau perubahan pada urutan basa nukleotida pada gen Perkinsus. Karakteristik genotip bermanfaat untuk mengetahui kesamaan atau perubahan urutan basa nukleotida di Indonesia dan di dunia. Identifikasi P. olseni pada tiram mutiara (P. maxima) terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan koleksi sampel dengan melihat gejala klinis seperti: cangkang P. maxima terbuka, organ dalam menjadi pucat, dan mantel tertarik ke bawah, kemudian dilakukan uji PCR bila diketahui bahwa P. maxima tersebut benar terinfeksi P. olseni maka, dilanjutkan pemeriksaan sekuen atau urutan DNA dan kemudian dianalisis kecocokan urutan DNA dengan standard GenBank. Hasil penelitian ini ditemukan P. olseni menginfeksi P. maxima melalui uji PCR dengan hasil produk amplifikasi pada 450 bp. Genotype P. olseni pada P. maxima di Lombok dibandingkan dengan GenBank mengalami perubahan pasangan basa nukleotida berupa mutasi titik. Mayoritas didominasi perubahan nukleotida dari Adenin (A) menjadi Guanin (G) sebanyak 39% (69 titik) dan Cytosin (C) menjadi Tymin (T) sebanyak 57% (100 titik). Analisis kekerabatan P. olseni di Lombok berdasarkan susunan nukleotida memiliki kekerabatan dengan GenBank berkisar antara 98%-99%. Berdasarkan analisis filogenetik terlihat bahwa sampel di Lombok memiliki kesamaan dengan genotype DQ370468.1 (Galicia, Spain) dan berbeda dengan genotype lainnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TBPK. 07-17 Sar g
Uncontrolled Keywords: Pinctada maxima, Perkinsus olseni, Genotype
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
INDAH PERMATA SARI, 091224153001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGunanti Mahasri, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorKismiyati, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Nov 2017 22:25
Last Modified: 15 Nov 2017 22:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66724
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item