Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Untuk Menurunkan Depresi dan Meningkatkan Quality of Life Pasien Kanker Payudara Dewasa Madya Setelah Mastektomi

Anisah Chairani, 111414153024) (2017) Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Untuk Menurunkan Depresi dan Meningkatkan Quality of Life Pasien Kanker Payudara Dewasa Madya Setelah Mastektomi. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS-Anisah Chairani-111414153024.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2020.

Download (2MB)

Abstract

Kanker payudara adalah penyakit di organ payudara akibat pertumbuhan sel yang tidak normal sehingga membentuk benjolan dan dapat menyebar ke beberapa area tubuh sehingga mempengaruhi fungsi tubuh. Operasi pengangkatan payudara (mastektomi) merupakan salah satu penyembuhan bagi pasien kanker payudara, namun mempunyai dampak psikologis seperti depresi bagi pasien sehingga mempengaruhi quality of life pasien. Salah satu intervensi yang digunakan untuk memberikan dampak positif yaitu cognitive behavior therapy (CBT). Penelitian ini menggunakan 4 subjek penelitian dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Selanjutnya, desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment jenis one group pretest posttest yang mengukur depresi dan kualitas hidup pasien kanker payudara. Peneliti menggunakan Beck Depression Inventory II (BDI II) untuk mengukur perubahan tingkat depresi dan WHOQOL-BREF untuk mengukur perubahan quality of life. Intervensi dilakukan selama 7 sesi dengan durasi waktu 90-120 menit persesi. Setelah mendapatkan data, peneliti melakukan uji asumsi menggunakan teknik wilcoxon dengan batuan SPSS 23. Hasil menunjukkan sig.>0,05 atau Ho diterima yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan setelah pemberian cognitive behaviotr therapy untuk menurunkan depresi dan meningkatkan quality of life pada pasien kanker payudara dewasa madya setelah mastektomi. Meskipu demikian, hasil uji efektivitas menunjukkan effect size sebesar 0,645 yang artinya CBT memberikan efek besar untuk menurunkan depresi dan meningkatkan quality of life pada pasien kanker payudara dewasa madya setelah mastektomi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 22/17 Cha e
Uncontrolled Keywords: CBT, depression, quality of life, breast cancer, middle adulthood, mastectomy.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Anisah Chairani, 111414153024)UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, Dr.,M.Si.,PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2017 18:09
Last Modified: 19 Nov 2017 18:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66874
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item