MOTIVASI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SMP AL-HIKMAH SURABAYA(Studi Kuantitatif Deskriptif Tentang Motivasi Pemanfaatan Perpustakaan oleh Siswa/Siswi SMP AL–HIKMAH Surabaya)

REZA ILHAM NAHRULLOH, 071116057 (2016) MOTIVASI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SMP AL-HIKMAH SURABAYA(Studi Kuantitatif Deskriptif Tentang Motivasi Pemanfaatan Perpustakaan oleh Siswa/Siswi SMP AL–HIKMAH Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.03 17 Nah m.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.03 17 Nah m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang dikelola oleh sekolah guna untuk mememuhi kebutuhan civitas akademi pendidikan disekolahan tersebut, adanya perpustakaan sekolah merupakan salah satu aspek pendukung dijalankannya pendidikan secara keseluruhan dan utuh, perpustakaan sekolah diadakan untuk memenuhi kebutuhan informasi untuk seluruh civitas akademika sekolah tersebut bukan hanya para siswa/siswi disekolahan tersebut tapi keseluruhan warga sekolah yang menjadi struktur di instasi sekolah tersebut, perpustakaan sekolah merupakan sumber belajar bagi siswa/siswi yang mengunjungi perpustakaan karena didalam perpustakaan tersebut terdapat informasi bagi siswa/siswi yang ingin mempelajari segala aspek pendidikan baik formal maupun non formal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang dorongan motovasi internal atau eksternal yang lebih kuat dalam memberikan motivasi kepada siswa/siswi yang dalam pemanfaatan perpustakaan, penelitian ini diadakan di perpustakaan SMP AL – Hikmah Surabaya dengan menggunakan 90 responden siswa/siswi, dengan pendekatan metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk memperoleh jawaban sejelas mungkin dan dengan fakta – fakta yang ada dilapangan. Hasil penelitian ini ditemukan adanya dua motivasi internal dan eksternal yang dari kedua motivasi tersebut akan ditemukan motif mana yang memberikan dorongan yang lebih dominan kepada siswa/siswi dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah. Pemanfaatan perpustakaan bagi siswa/siswi didorong dengan adanya motivasi eksternal dan internal yang mempengaruhi siswa/siswi tersebut dalam memanfaatkan perpustakaan, dari kedua motivasi tersebut akan ditemukan motivasi apa yang paling dominan dalam memberikan dorongan siswa/siswi dalam memanfaatkan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.03/17 Nah m
Uncontrolled Keywords: perpustakaan sekolah, siswa/siswi, motivasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
REZA ILHAM NAHRULLOH, 071116057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Soesantari, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Nov 2017 22:13
Last Modified: 19 Nov 2017 22:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66930
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item