PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MEMILIH LAYANAN MANDIRI DI PERPUSTAKAAN UNAIR (Studi Deskriptif Pada Pengunjung Perpusatakaan Kampus B UNAIR)

VICARDO PUJI K., 071411623014 (2017) PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MEMILIH LAYANAN MANDIRI DI PERPUSTAKAAN UNAIR (Studi Deskriptif Pada Pengunjung Perpusatakaan Kampus B UNAIR). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.06 17 Kur p.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.06 17 Kur p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju, hal tersebut membuat lembaga perpustakaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas layanan agar lembaga perpustakaan tidak ketinggalan jaman dan tetap mampu memenuhi kebutuhan informasi di era masyarakat digital. Salah satu inovasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh perpustakaan adalah Layanan mandiri (self-service), dimana selfservice pada layanan sirkulasi perpustakaan terdiri dari OPAC, peminjaman mandiri, perpanjangan online dan lain. Layanan mandiri sebagai salah satu selfservice disini berguna untuk mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi peminjaman secara mandiri. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui dan menggambarkan proses pengambilan keputusan dalam memilih layanan mandiri di perpustakaan unair. Proses pengambilan keputusan yang dikemukakan oleh Kotler 1999. pengenalan masalah, pencarian informasi, pengambil keputusan, pasca pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berasal dari pelanggan perpustakaan yang pernah menggunakan layanan mandiri dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling, dimana metode penarikan ini menggunakan sampel yang diambil dengan menetapkan kriteria dan pertimbangan sebelumnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelanggan sebelum menentukan keputusan akan melalui preferensi, setelah itu pelanggan melalui tahap demi tahap proses pengambilan keputusan dalam peminjaman mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.06/17 Kur p
Uncontrolled Keywords: layanan mandiri, Pengambilan keputusan, perpustakaan unair.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
VICARDO PUJI K., 071411623014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 19 Nov 2017 22:32
Last Modified: 19 Nov 2017 22:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66933
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item