HUBUNGAN ANTARA ADENOSINE DEAMINASE CAIRAN PLEURA DENGAN HASIL HISTOPATOLOGI BIOPSI PLEURA PADA PASIEN EFUSI PLEURA TUBERKULOSIS

Lilis Asfaroh (2017) HUBUNGAN ANTARA ADENOSINE DEAMINASE CAIRAN PLEURA DENGAN HASIL HISTOPATOLOGI BIOPSI PLEURA PADA PASIEN EFUSI PLEURA TUBERKULOSIS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (full text)
LILIS ASFAROH.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2020.

Download (2MB)

Abstract

persentase terbanyak kedua setelah limfadenitis TB. Biopsi pleura secara histori merupakan prosedur yang menjadi gold standar dalam mendiagnosis efusi pleura TB. Adenosine Deaminase (ADA) adalah salah satu biomarker yang efisien untuk pemeriksaan cairan pleura pasien efusi pleura TB. ADA meningkat pada pasien efusi pleura TB. Tujuan: Membuktikan adanya hubungan antara ADA cairan pleura dengan hasil histopatologi biopsi pleura pasien dengan efusi pleura TB. Metode: Jenis penelitian adalah penelitian analitik observasional dengan rancangan cross-sectional. Analisis statistik yang digunakan adalah uji chi-square dan koofisien kontingensi. ADA cairan pleura diperiksakan dari 25 pasien efusi pleura dan juga dilakukan analisis hasil histopatologi spesimen biopsi pleura pada 25 pasien tersebut. Hasil: Jumlah total subyek penelitian adalah 25 dengan perincian 8 subyek penderita efusi pleura TB dan 17 subyek penderita efusi pleura bukan TB. Tidak didapatkan perbedaan yang signifikan antara nilai ADA cairan pleura penderita efusi pleura TB dengan penderita efusi pleura bukan TB. Hasil histopatologi biopsi pleura positif pada 4 pasien efusi pleura TB. Dengan nilai cut of point ADA lebih besar 40 U/L pada penelitian ini tidak terdapat hubungan antara nilai ADA cairan pleura dengan hasil histopatologi biopsi pleura (p>0,05). Kesimpulan: Pada penelitian ini tidak terdapat hubungan yang bermakna antara nilai ADA cairan pleura dengan hasil histopatologi biopsi pleura pada pasien efusi pleura Tuberkulosis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS PKR 16/17 Asf h
Uncontrolled Keywords: Efusi pleura; Adenosin deaminase; Biopsi pleura; Efusi pleura TB
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Pulmonologi dan Ilmu kedokteran Respirasi
Creators:
CreatorsNIM
Lilis AsfarohUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIsnin Anang Marhana, dr.,SpP(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2017 01:12
Last Modified: 20 Nov 2017 01:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66950
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item