PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KLINIK EXPERIENTIAL TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN KLINIK KEPERAWATAN GAWAT DARURAT MAHASISWA NERS

ARIF HELMI SETIAWAN, 131514153012 (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KLINIK EXPERIENTIAL TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN KLINIK KEPERAWATAN GAWAT DARURAT MAHASISWA NERS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKP.20.17 . Set.p - ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKP.20.17 . Set.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 21 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keperawatan gawat darurat merupakan bagian kompetensi pendidikan profesi yang bertujuan agar mahasiswa mampu berpikir kritis untuk mengatasi masalah keperawatan klien yang mengancam kehidupan. Metode pembelajaran yang digunakan pada tahap ini adalah pembelajaran klinik eksperiential. Namun saat ini masih banyak dijumpai hambatan dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut sehingga berdampak pada rendahnya capaian pembelajaran klinik. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatif karena bertujuan menjelaskan hubungan kausal antar variabel. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa Ners Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Unusa. Pengambilan sampel menggunakan tehnik simple random sampling sebesar 72 mahasiswa. Variabel endogen adalah karakteristik peserta didik, pengamatan, proses berpikir, perilaku belajar, pembelajaran klinik experiential, dan variabel eksogennya capaian pembelajaran klinik keperawatan gawat darurat mahasiswa ners. Hasil uji statistic menggunakan Partial Least Square didapatkan semua indikator dan variabel konstruk valid dan signifikan. Sedangkan uji signifikansi jalur model struktural nilai t hitung > 1,96, menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan variabel karakteristik peserta didik terhadap pengamatan, proses berpikir, pembelajaran klinik experiential, variabel pengamatan terhadap proses berpikir, dan perilaku belajar, variabel proses berpikir terhadap perilaku belajar, variabel perilaku belajar terhadap pembelajaran klinik experiential, dan variabel pembelajaran klinik experiential terhadap capaian pembelajaran klinik keperawatan gawat darurat mahasiswa ners. Model pembelajaran klinik experiential ini dikategorikan model yang baik dan memiliki nilai prediksi apabila diaplikasikan dapat meningkatkan capaian pembelajaran klinik keperawatan gawat darurat mahasiswa ners. Faktor dominan keberhasilan pembelajaran klinik experiential tergantung pada karakteristik peserta didik dan perilaku belajar mahasiswa ners.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.20/17 Set p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran klinik experiential, capaian pembelajaran, keperawatan gawat darurat
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ARIF HELMI SETIAWAN, 131514153012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAh. YusufUNSPECIFIED
Thesis advisorHanik Endang Nihayati, Dr., S.Kep. Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 31 Dec 2017 16:10
Last Modified: 31 Dec 2017 16:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66966
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item