MODEL OPERASIONAL UNIT SIMPAN PINJAM (USP) KOPERASI PADA KOPERASI FATAYAT NU BABAT JERAWAT “AR-ROUDHOH” DI PAKAL-SURABAYA

ALFIN MAULANA, 091414553018 (2017) MODEL OPERASIONAL UNIT SIMPAN PINJAM (USP) KOPERASI PADA KOPERASI FATAYAT NU BABAT JERAWAT “AR-ROUDHOH” DI PAKAL-SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TSEI.25.17 . Mau.m - ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSEI.25.17 . Mau.m - SEC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Koperasi bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, sekaligus sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari tatanan perekonomian nasional yang demokratis dan berkeadilan. LKM Syariah merupakan suatu lembaga ekonomi rakyat kecil, yang berupaya mengembangkan usaha-usaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kegiatan ekonomi pengusaha kecil bawah dan kecil berdasarkan prinsip syariah dan prinsip koperasi. P enelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan model operasional USP koperasi yang dijalankan oleh Koperasi Fatayat NU Babat Jerawat “Ar-Roudhoh”. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Karena itu pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan fenomenologi deskriptif yang didasarkan pada filosofi Husserl.Fokus penelitian ini adalah model operasional USP oleh Koperasi Fatayat NU Babat Jerawat “Ar-Roudhoh” bagi masyarakat Babat Jerawat-Pakal-Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koperasi Fatayat NU Babat Jerawat “Ar-Roudhoh” telah mampu mebuat model operasional USP yang mampu menggerakkan ekonomi umat, menjadi alternatif bagi umat Islam untuk melakukan aktivitas perekonomian yang terhindar dari praktik riba dan segala yang diharamkan oleh syariat Islam, menghasilkan keuntungan yang mampu menjadi sumber pendanaan oranisasi induk (PR Fatayat NU Babat Jerawat), serta mampu memberikan ruang bagi generasi muda untuk meningkatkan kompetensinya di bidang ekonomi syariah secara profesional.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TSEI 25/17 Mau m
Uncontrolled Keywords: Koperasi, LKM Syariah, Koperasi Fatayat NU Babat Jerawat “Ar- Roudhoh”
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsNIM
ALFIN MAULANA, 091414553018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Herianingrum, Dr., S.E.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 01 Jan 2018 15:50
Last Modified: 01 Jan 2018 15:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67033
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item