PENGARUH KNOWLEDGE SHARING ENABLERS TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi eksplanatif pengaruh knowledge sharing enablers terhadap kinerja karyawan kinerja karyawan di Pt. Semen Indonesia (Persero) Tbk. di kantor Gresik dan Tuban)

NOVA SYIFANI, 071211632011 (2017) PENGARUH KNOWLEDGE SHARING ENABLERS TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi eksplanatif pengaruh knowledge sharing enablers terhadap kinerja karyawan kinerja karyawan di Pt. Semen Indonesia (Persero) Tbk. di kantor Gresik dan Tuban). LIBRI-NET, 6 (3). pp. 37-38.

[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Jurnal_Fis.IIP.25 17 Syi p.pdf

Download (521kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/LN@pengaruh-knowledge-s...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh secara bersama-sama dan signifikan knowledge sharing enablers terhadap kinerja karyawan di PT. Semen Indonesia (PERSERO) Tbk. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah semakin banyaknya organisasi yang mengimplementasikan knowledge management terlebih pada kegiatan berbagi pengetahuan. Berdasarkan konsep dari Choi (2002) dan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Chan Wai Too bahwa knowledge sharing enablersmemiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Adapun enablersyang digunakan pada penelitian ini yaitu teknologi informasi, struktur organisasi, dukungan pemimpin, kepercayaan dan kemampuan belajar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional dan systematic random sampling. Dari hasil analisis data survey pada 78 responden menemukan adanya pengaruh yang signifikan knowledge sharing enablersdengan kinerja karyawan di PT. Semen Indonesia. Secara parsial, hanya variabel kepercayaan dan kemampuan belajar yang memiliki pengaruh dengan hasil uji T sebesar 1,854 untuk variabel kepercayaan dan 5,854 untuk variabel kemampuan belajar.Dan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap variabel kinerja karyawan adalah variabel kemampuan belajar, sehingga peran aktif para karyawan dalam mengembangkan pengetahuan baik secara individu maupun kelompok perlu dilakukan karena melalui usaha tersebut diharapkan tingkat kegiatan berbagi pengetahuan semakin meningkat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Knowledge sharing enabler, information technology, structure organization, top management support, learning ability
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
NOVA SYIFANI, 071211632011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri Mutia, A.KS., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Nov 2017 21:25
Last Modified: 21 Nov 2017 21:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67077
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item