KORELASI PEMERIKSAAN TOLUIDINE BLUE DENGAN KADAR P53 DARAH SEBAGAI DETEKSI DINI KONDISI PREMALIGNA PADA PENGINANG DI MERAUKE

ARHOM ERWIN RACHMAN TAYIB, 021418026301 (2017) KORELASI PEMERIKSAAN TOLUIDINE BLUE DENGAN KADAR P53 DARAH SEBAGAI DETEKSI DINI KONDISI PREMALIGNA PADA PENGINANG DI MERAUKE. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PPDGS.IPM.04.17 . Tay.k - ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PPDGS.IPM.04.17 . Tay.k - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Menginang dapat menyebabkan kondisi premaligna di rongga mulut, antara lain : oral lichen planus, oral submucous fibrosis. Untuk melakukan deteksi dini terhadap adanya kondisi premaligna/maligna dapat menggunakan pengukuran kadar p53 pada darah dan toluidine blue. Masyarakat yang banyak menginang dan jarang diteliti kondisi rongga mulutnya adalah masyarakat Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Tujuan: Membuktikan adanya korelasi antara pemeriksaan toluidine blue dengan peningkatan kadar p53 darah pada penginang sebagai deteksi dini kondisi premaligna di desa Urumb, distrik Semangga, Kabupaten Merauke. Metode : Jenis penelitian ini adalah correlational cross sectional design, dengan menggunakan teknik purposive sampling. 25 sampel penginang dan 5 sampel bukan penginang dilakukan pemeriksaan dengan alat toluidine blue, kadar p53 pada darah dengan menggunakan metode pemeriksaan ELISA. Hasil : kadar p53 pada darah kelompok sampel tidak menginang, menginang dengan campuran tembakau, dan menginang tanpa tembakau dilakukan uji statistik kruskal wallis one way anova didapatkan p=0,605 (tidak ada perbedaan yang signifikan antar ketiga kelompok) tetapi secara mean rank ada perbedaan. Antar kelompok kemudian dilakukan uji statistik Mann whitney didapatkan tidak ada perbedaan yang signifikan kadar p53 pada darah antara penginang dengan tembakau dan penginang tanpa tembakau ( p=0,618), antara penginang dengan tembakau dan tidak menginang (p=0,806), antara tidak menginang dan menginang tanpa tembakau (p=0,275). Secara mean rank ada perbedaan antar kelompok yang satu dengan yang lainnya. Antara kadar p53 pada darah dengan hasil pemeriksaan toluidine blue tidak ada korelasi berdasarkan uji statistik Spearman’s rho (p=0,135). Kesimpulan : tidak ada korelasi antara kadar p53 pada darah penginang dengan hasil pemeriksaan toluidine blue.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.IPM.04/17 Tay k
Uncontrolled Keywords: Kadar p53 pada darah, Toluidine Blue, penginang di Papua
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
ARHOM ERWIN RACHMAN TAYIB, 021418026301UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKus Harijanti, drg., M.Kes.,Sp.PMUNSPECIFIED
Thesis advisorBagus Soebadi, drg., MHPEd., Sp.PMUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 02 Jan 2018 16:49
Last Modified: 02 Jan 2018 16:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67215
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item