YANI KURNIA SUKMAWATI, 071211631011
(2017)
LOYALITAS PELANGGAN PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (Studi Deskriptif Mengenai Loyalitas Pelanggan Pada Perpustakaan UK Petra dan ITS).
LIBRI-NET, 6 (2).
pp. 41-42.
Abstract
Loyalitas menjadi tujuan utama perusahaan atau organisasi untuk diraih.
Loyalitas bukanlah sesuatu yang bisa dibeli bahkan dipaksakan, sehingga banyak
perusahaan atau organisasi baik profit maupun non profit yang mengupayakan
loyalitas sebagai prioritas utama. Tidak terkecuali dengan perpustakaan, sebagai
salah satu organisasi non profit perpustakaan juga harus memperhatikan loyalitas
pelanggan ditengah-tengah persaingannya dengan sesama perpustakaan maupun
teknologi informasi yang ada saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui tentang bagaimana loyalitas pelanggan yang ada pada perpustakaan
perguruan tinggi UK. Petra dan ITS. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam
penelitian ini yaitu pengguna perpustakaan UK Petra dan ITS Surabaya. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria
pernah memanfaatkan layanan perpustakaan minimal 3 kali. Jumlah sampel yang
ditetapkan yaitu 100 orang dari perpustakaan UK Petra dan perpustakaan ITS.
Pengukuran loyalitas pelanggan dalam penelitian ini menggunakan teori
karakteristik loyalitas pelanggan dari Griffin, yang mencakup melakukan
pemanfaatan berulang secara teratur, memanfaatkan sebagian besar produk yang
disediakan, mereferensikan ke orang lain, dan menunjukkan keunggulan dan daya
tarik terhadap pesaing. Berdasarkan dari hasil penelitian, secara keseluruhan
loyalitas pelanggan pada perpustakaan perguruan tinggi UK Petra dan ITS
tergolong baik. Hal ini dilihat dari total skor rata-rata yang didapat yaitu sebesar
3,74 dan tergolong dalam kategori tinggi.
Actions (login required)
|
View Item |