PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA SISWA SMA IPIEMS SURABAYA

KHALIDA AZRIN, 071511623009 (2017) PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA SISWA SMA IPIEMS SURABAYA. LIBRI-NET, 6 (2). pp. 63-64.

[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
JURNAL_Fis.IIP.48 17 Azr p.pdf

Download (161kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/LN@pengaruh-ketersediaa...

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa SMA IPIEMS Surabaya”. Salah satu tujuan ketersediaan koleksi perpustakaan adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna, alat yang dapat merangsang pengguna untuk meningkatkan minat baca. Tanpa adanya minat baca siswa, perpustakaan tidak berjalan secara optimal. Dalam hal ini untuk mengatasi ketersediaan koleksi dapat dilakukan dengan memanfaatkan eksistensi perpustakaan di sekolah.Perpustakaan dapat difungsikan sebagai institusi penyedia sarana bacaan. Melalui koleksi yang dihimpun perpustakaan, perpustakaan sebaiknya mampu menumbuhkan minat baca. Tetapi amat disayangkan perpustakaan yang dijadikan ujung tombak dalam pembinaan minat baca anak justru dalam kondisi yang memprihatinkan sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap minat baca siswa SMA IPIEMS Surabaya. Untuk itu ada beberapa indikator ketersediaan koleksi dan minat baca. Ketersediaan Koleksi terdiri dari kerelavanan koleksi, orientasi kepada pengguna, kelengkapan koleksi, dan kemutakhiran koleksi. Sedangkan minat baca dapat diukur melalui frekuensi buku yang dibaca, kesenangan membaca, dan kesadaran akan membaca buku. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksplanatif . Populasi penelitian adalah siswa kelas X, XI, dan XII SMA IPIEMS Surabaya sebanyak 868 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 90 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner untuk memperoleh data variabel ketersediaan koleksi perpustakaan (X) dan minat baca siswa (Y). Adapun pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, dan uji analisis data yang digunakan uji normalitas data, multikolinieritas, homokesdatisitas, analisis regresi linier sederhana, serta uji hipotesis menggunakan uji f. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap minat baca siswa SMA IPIEMS Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05 dengan f hitung sebesar 153,334.Temuan lain yang dapat dilaporkan dalam penelitian ini adalah persamaan garis regresi linier sederhana Y = 5.419 + 0,482 dapat dijelaskan bahwa setiap peningkatan atau penurunan ketersediaan koleksi perpustakaan (X) sebesar 1 unit maka akan diikuti dengan peningkatan atau penurunan minat baca siswa (Y) sebesar 0,716.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ketersediaan koleksi, perpustakaan, minat baca, siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
KHALIDA AZRIN, 071511623009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Dec 2017 16:59
Last Modified: 05 Dec 2017 16:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67333
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item