TIPOLOGI INOVASI PELAYANAN PERIZINAN DI BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU (BPPT) KABUPATEN SIDOARJO

Adealiya Ameliya Putri, 071211131001 (2017) TIPOLOGI INOVASI PELAYANAN PERIZINAN DI BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU (BPPT) KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 02-17 Put t Abstrak.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 02-17 Put t Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipologi inovasi layanan perizinan dan penerapan inovasi pelayanan perizinan di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Sidoarjo. Inovasi layanan perizinan ini merupakan salah satu cara yang digunakan guna mengoptimalkan pelayanan di bidang perizinan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sedangkan, tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling karena peneliti ingin menggali informasi secara mendalam dari orang yang mengetahui terhadap fokus penelitian ini. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo dan lima perusahaaan swasta sebagai pengguna layanan. Hasil yang didapat adalah inovasi layanan perizinan yang dilakukan BPPT Kabupaten Sidoarjo menunjukkan adanya peningkatan pelayanan yang diberikan untuk masyarakat dan pelaku usaha. Hal ini dapat dilihat dari tipologi, level, atribut mengenai inovasi yang dilakukan dengan pelayanan perizinan yang diberikan berdasar dimensi bukti langsung (tangibels), reabilitas (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty) menunjukkan inovasi yang dilakukan untuk mempercepat dan memudahkan proses perizinan untuk masyarakat dan pelaku usaha sebagai pengguna layanan, sehingga penerbitan surat keluar dapat segera terselesaikan dan tepat waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FIS.AN.02/17 Put p
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Tipologi Inovasi, Pelayanan perizinan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Adealiya Ameliya Putri, 071211131001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRoestoto Hartojo Putro, Drs.,S.UUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 08 Jan 2018 23:50
Last Modified: 08 Jan 2018 23:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67442
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item