Pembagian Kerja dalam Keluarga Petani Tembakau pada Musim Kemarau di Dusun Tattat, Desa Patarongan, KecamatanTorjun, Kabupaten Sampang, Madura

Prilly Paradnya Dewi, 071311733087 (2017) Pembagian Kerja dalam Keluarga Petani Tembakau pada Musim Kemarau di Dusun Tattat, Desa Patarongan, KecamatanTorjun, Kabupaten Sampang, Madura. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.ANT.41.17 . Dew.p - ABSTRAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.ANT.41.17 . Dew.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
Fis.ANT.41.17 . Dew.p - JURNAL.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti, istri petani tembakau di Dusun Tattat, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang bekerja diperkebunan miliknya, serta bekerja sebabagai buruh tani di perkebunan lain. Bekerjanya istri petani tembakau di perkebunan miliknya dan di perkebunan lain, membuat penelitian ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan metode Etnografi dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan observasi dan wawancara mendalam kepada 8 orang informan yang terdiri dari 4 laki-laki yang bekerja sebagai petani tembakau di Dusun Tattat, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang dan 4 perempuan yang merupakan istri petani tembakau. Peneliti juga mendokumentasikan tahap-tahap pengumpulan data untuk memperoleh data yang sesuai dengan fokus penelitian. Peneliti menggunakan teori Nature dan Nurture serta teori Struktural Fungsional yang dikemukakan oleh Redcliffe Brown untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembagian kerja pada keluarga petani tembakau di Dusun Tattat berdasarkan kesepakatan antara suami dan istri. Istri petani tembakau di Dusun Tattat ada yang bekerja di lahan miliknya sendiri dan ada yang bekerja sebagai buruh tani tembakau di lahan milik orang lain. Proses pembagian kerja antara istri yang bekerja dilahan sendiri sama dengan istri yang bekerja sebagai buruh tani tembakau di lahan lain pada setiap proses pembibitan, penanaman, pemanenan dan pengolahan tembakau. Perbedaanya adalah istri yang bekerja sebagai buruh tani tembakau mendapatkan upah, sedangkan istri yang bekerja dilahan sendiri tidak mendapatkan upah. Hal tersebut, berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pada keluarga petani tembakau yang istrinya bekerja di lahan miliknya sendiri dan istri yang bekerja sebagai buruh tani tembakau di lahan milik orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.ANT.41/17 Dew p
Uncontrolled Keywords: pembagian kerja, perkebunan, petani tembakau, perempuan buruh tani tembakau
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Prilly Paradnya Dewi, 071311733087UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYusuf Ernawan, Drs., M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 13 Dec 2017 18:02
Last Modified: 13 Dec 2017 18:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67531
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item