GAYA BELAJAR SISWA HOMESCHOOLING PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (Studi Deskriptif Homeschooling di Surabaya)

ANNISA ARDA SHABRINA, 071211733029 (2017) GAYA BELAJAR SISWA HOMESCHOOLING PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (Studi Deskriptif Homeschooling di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.62 17 Sha g.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.62 17 Sha g.pdf
Restricted to Registered users only until 4 May 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.62 17 Sha g 2.pdf

Download (264kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Homeschooling dianggap sebagai salah satu model pendidikan alternatif di Indonesia. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan orangtua siswa memilih Homeschooling dan program belajar jarak jauh; mengetahui alasan orang tua siswa memilih program belajar jarak jauh; dan untuk mengetahui gaya belajar siswa Homeschooling program belajar jarak jauh. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis deskriptif kualitatif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) alasan orang tua memilih Homeschooling di Surabaya karna konsep pembelajaran yang memudahkan dimana pandangan mengenai sistem belajar bahwa belajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja tanpa terikat oleh peraturan yang terlalu guru; b) alasan orang tua memilih program belajar jarak jauh disebabkan program ini dinilai sebagai solusi bagi siswa dengan keterbatasan berbagai hal dan latar belakang sehingga menyulitkan siswa untuk sekolah seperti sekolah formal pada umumnya; serta c) penerapan gaya belajar di Homeschooling di Surabaya dimana sistem gaya belajar disesuaikan dengan faktor dari dalam seperti kebiasaan siswa yang tidak bisa bangun pagi dengan teratur serta pengalaman buruk saat sekolah formal maupun ketertarikan sistem belajar maupun gaya belajar lain yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.ANT.62/17 Sha g
Uncontrolled Keywords: Distance Learning Program, Proses Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
ANNISA ARDA SHABRINA, 071211733029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Joko Sri Haryono, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 13 Dec 2017 20:12
Last Modified: 06 May 2018 22:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item