Pendekatan Appreciative Inquiry Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kinerja Tenaga Pengajar Probation dan Kontrak di JAC School Surabaya

Danni Pradata Hari Pristyandana, 111414353003 (2017) Pendekatan Appreciative Inquiry Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kinerja Tenaga Pengajar Probation dan Kontrak di JAC School Surabaya. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 11 December 2020.

Download (1MB)

Abstract

Junior Activity Center (JAC) School merupakan salah satu sekolah bertaraf Internasional yang berada di daerah puncak permai utara III no 9-11 kecamatan tandes kota Surabaya. Tenaga Pengajar yang bekerja di JAC School harus memberikan kinerja terbaiknya pada saat proses pembelajaran berlangsung. Selama ini terjadi permasalahan terkait kinerja tenaga pengajar probation dan kontrak dari level primary dan high school. Pendekatan Appreciative Inquiry berbasis psikologi positif diterapkan di JAC School sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja tenaga pengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Workshop 4-D Appreciative Inquiry dengan bentuk summit diikuti oleh 17 orang tenaga pengajar. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru terdapat 4 indikator penilaian kinerja guru yang digunakan dalam penelitian ini dengan menghasilkan persentase nilai penguasaan Kompetensi Pedagogik (78%), Kompetensi Kepribadian (87%), Kompetensi Sosial (83%), Kompetensi Profesional (76%). Dengan demikian, hasil dari penelitian ini menunjukkan pendekatan Appreciative Inquiry mampu meningkatkan kinerja tenaga pengajar probation dan kontrak dari level primary dan high school dengan menghasilkan nilai tenaga pengajar level primary (3 orang tenaga pengajar probation mendapatkan nilai Cukup, 7 orang tenaga pengajar kontrak mendapatkan nilai Baik, dan 1 orang mendapatkan nilai Amat Baik), sedangkan dari level high school (2 orang tenaga pengajar probation mendapatkan nilai Cukup, dan 1 orang mendapatkan nilai Baik, 2 orang tenaga pengajar kontrak mendapatkan nilai Baik, dan 1 orang mendapatkan nilai Amat Baik).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi 55/17 Pri p
Uncontrolled Keywords: Tenaga Pengajar Probation dan Kontrak, Appreciative Inquiry, Kinerja Tenaga Pengajar, Kompetensi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Danni Pradata Hari Pristyandana, 111414353003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSamian, M.PsiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2017 00:57
Last Modified: 11 Dec 2017 00:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67649
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item