COLLABORATIVE GOVERNANCE (Studi Tentang Kolaborasi Antar Stakeholders Dalam Pengembangan Kawasan Minapolitan di Kabupaten Sidoarjo)

Dimas Luqito Chusuma Arrozaaq, 071311133094 (2016) COLLABORATIVE GOVERNANCE (Studi Tentang Kolaborasi Antar Stakeholders Dalam Pengembangan Kawasan Minapolitan di Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 45-17 Arr c Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 45-17 Arr c Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (402kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses collaborative governance terkait pengembangan kawasan minapolitan di kabupaten Sidoarjo serta hambatan-hambatan yang ada dalam pelaksanaan proses kolaborasi tersebut. Penelitian ini dilakukan di Sidoarjo, karena merupakan pusat kawasan minapolitan di Provinsi Jawa Timur yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Timur No.520/1395/201.1/2012 tentang Penetapan Kabupaten Sidoarjo sebagai pusat kawasan minapolitan. Demi mengembangkan kawasan minapolitan pemerintah kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Kelautan dan Perikanan melaksanakan sebuah kolaborasi dengan pihak swasta dan masyarakat. Penelitian ini menggambarkan proses kolaborasi yang terjalin antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam kerangka collaborative governance regime yang terdiri dari empat komponen utama dari Kick Emerson (2012). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses kolaborasi dalam pengembangan Kawasan Minapolitan sudah cukup baik. Hal ini dikarenakan kolaborasi sudah melalui pengerakan prinsip bersama, motivasi bersama dan pembentukan kapasitas bersama. Setelah tiga hal itu terbentuk dilanjutkan dengan melaksanakan tindakan kolaborasi yang memberikan dampak sementara. Sedangkan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan kolaborasi antara lain : kesulitan dalam membentuk kelompok usaha menjadi berbadan hukum, kontinuitas kolaborasi yang masih kurang, pemerintah hanya memfasilitasi peningkatan produktivitas tanpa memberikan alternatif pemasaran, dan pihak swasta kurang diikutsertakan dalam seluruh kegiatan kolaborasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.45/17 Arr c
Uncontrolled Keywords: Collaborative Governance, Kawasan Minapolitan, Stakeholders
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Dimas Luqito Chusuma Arrozaaq, 071311133094UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSulikah Asmorowati, S.Sos., M.DevSt., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 24 Jan 2018 16:25
Last Modified: 24 Jan 2018 16:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67685
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item