HUBUNGAN BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN RAJA AMPAT DENGAN KEPUTUSAN WISATAWAN DOMESTIK MEMILIH DAERAH TUJUAN WISATA RAJA AMPAT

MUBADDILAH RAFA’AL, 071514853006 (2017) HUBUNGAN BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN RAJA AMPAT DENGAN KEPUTUSAN WISATAWAN DOMESTIK MEMILIH DAERAH TUJUAN WISATA RAJA AMPAT. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (jurnal)
Jurnal Gaya Komunikasi Pemasaran di Pemerintah.pdf

Download (822kB) | Preview

Abstract

Perkembangan pariwisata saat ini menyebabkan persaingan menjadi semakin kompetitif antara tempat-tempat atau objek-objek wisata. Hal ini ditandai dengan banyaknya tempat-tempat wisata yang terdapat di setiap daerah dengan daya tarik yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bentuk-bentuk komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat dengan keputusan wisatawan domestik memilih Daerah Tujuan Wisata Raja Ampat. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang terjadi antara bentuk-bentuk komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat dengan keputusan wisatawan domestik memilih Daerah Tujuan Wisatawa Raja Ampat. Di dalam penelitian ini menggunakan teori Integrated Marketing Communication (IMC). Subjek penelitian ini adalah wisatawan domestik yang terterpa bentuk-bentuk komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat dengan ketentuan usia 20 – 51 tahun. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Peneliti menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Di mana variabel X adalah bentukbentuk komunikasi pemasaran dan variabel Y adalah keputusan wisatawan domestik. Teknik analisa data menggunakan analisa tabel tunggal dan tabel silang sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan Korelasi Contingency(C). Uji singnifikan menggunakan rumus Kai-Kuadrat, serta menghitung Koefesien Penentu (KP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukkan peneliti terdapat hubungan antara bentuk-bentuk pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat dengan keputusan wisatawan domestik diterima (0,313), dengan hasil perhitungan C = 0,313, maka dapat dikatakan mempunyai hubungan rendah tapi pasti antara kedua variabel tersebut. Berdasarkan hasil uji Kai-Kuadrat korelasi yang diperoleh adalah tidak signifikan, artinya bentuk-bentuk komunikasi pemasaran mempunyai hubungan rendah tapi pasti. Selanjutnya, untuk menghitung Koefesien Penentu (KP) yaitu pengaruh hubungan antara bentuk-bentuk komunikasi pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat dengan keputusan wisatawan domestik adalah sebesar 9,83%.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 16/17 Raf h
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Keputusan Konsumen, Wisatawan Domestik
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Media dan Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
MUBADDILAH RAFA’AL, 071514853006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Isnaini, Dr.,S.Sos.,M.MUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2017 22:27
Last Modified: 11 Dec 2017 22:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67756
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item