Implikasi Ratifikasi Protokol Kyoto terhadap Politik Internasional dan Domestik Indonesia

Sylviera Pradita, 071211233032 (2017) Implikasi Ratifikasi Protokol Kyoto terhadap Politik Internasional dan Domestik Indonesia. Jurnal Analisis Hubungan Internasional, 6 (1). pp. 181-191. ISSN 2302-8777

[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.HI.24.17 . Pra.i - JURNAL.pdf

Download (147kB) | Preview
Official URL: http://journal.unair.ac.id/JAHI@implikasi-ratifika...

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai dampak politik internasional dan domestik Indonesia ketika Indonesia meratifikasi Protokol Kyoto yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Permasalahan yang akan dicari dalam skripsi ini adalah dampak yang akan didapatkan Indonesia setelah meratifikasi Protokol Kyoto. Dampak tersebut meliputi politik internasional Indonesia dan domestik Indonesia itu sendiri. Teori berpikir yang digunakan penulis adalah teori sistem politik dan teori kebijakan luar negeri. Nantinya akan menghasilkan bagaimana proses berjalannya Indonesia dalam Protokol Kyoto dan Protokol Kyoto di Indonesia. Metode penulisan yang digunakan adalah metode kualitatif, karena data yang digunakan didasarkan atas suatu kondisi sosial tertentu, yang berkaitan dengan kualitas atau sifat, serta perilakunya dalam kondisi sosial. Peneliti menemukan dalam ranah Internasional, Indonesia memberikan image yang positif sebagai negara yang peduli akan lingkungan hidup. Hal ini karena Indonesia telah menandatangani protokol kyoto kemudian meratifikasi protokol kyoto ke sistem hukum dalam negeri yaitu mengeluarkan PP Nomor 71 Tahun 2011. Sedang dalam ranah domestik, ketidakefektifan implementasi protokol Kyoto di Indonesia dari sisi kepentingan nasional merugikan Indonesia dan belum adanya peraturan perundang-undangan mengenai implementasi Protokol Kyoto di Indonesia. Implementasi Protokol Kyoto di Indonesia kurang efektif, karena kebijakan seperti mitigasi ataupun adaptasi yang telah diterapkan hasil implementasinya kurang signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Clean Development Mechanish (CDM), Global Warming, Protokol Kyoto, United Nation Framework on Climate Change Convention (UNFCC)
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Sylviera Pradita, 071211233032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Muttaqien, S. Ip, MA, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 10 Jan 2018 17:55
Last Modified: 10 Jan 2018 17:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67769
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item