EFEKTIVITAS PENANGANAN KELUHAN (COMPLAINT HANDLING) DI UNIT PELAYANAN TERPADU SATU ATAP (UPTSA) KOTA SURABAYA

YUDHISTIRA ARDI KURNIAWAN, 070911051 (2017) EFEKTIVITAS PENANGANAN KELUHAN (COMPLAINT HANDLING) DI UNIT PELAYANAN TERPADU SATU ATAP (UPTSA) KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 81-17 Kur e Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 81-17 Kur e Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (509kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemerintahan negara menyelenggarakan dua jenis fungsi utama, yaitu fungsi pengaturan dan fungsi pelayanan. Fungsi peraturan lebih kepada negara sebagai negara hukum (legal state) dan fungsi pelayanan lebih pada hakikat negara sebagai negara kesejahteraan (welfare state). Fungsi pelayanan berfokus bagaimana melayani publik atau disebut dengan pelayanan publik. Dalam prosesnya, ada berbagai banyak izin yang dibutuhkan oleh masyarakat masyarakat sebagai kebutuhan untuk berkembang seperti misalnya izin pendirian usaha. Di Surabaya, izin tersebut berada di bawah tanggungjawab Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA). Dengan banyaknya masyarakat yang mengajukan perizinan, kemudian timbul berbagai keluhan terhadap pelayanan yang diberikan. Keluhan tersebut dapat berupa keluhan karena lamanya proses atau karena kualitas dari pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanganan keluhan serta untuk mengetahui keefektivan penanganan keluhan pelayanan perizinan di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Kota Surabaya. Dengan menggunakan metode kualitatif dan tipe penelitian deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam serta studi dokumentasi. Analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data kemudian mereduksi data, menyajikan data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penanganan pengaduan di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap sudah cukup efektif dan efisien dalam prosesnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.81/17 Kur e
Uncontrolled Keywords: Pelayanan publik, penanganan keluhan, efektivitas
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
YUDHISTIRA ARDI KURNIAWAN, 070911051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas Supramudyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 24 Jan 2018 21:54
Last Modified: 24 Jan 2018 21:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67800
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item