OPINI PEMILIH PEMULA SURABAYA TERHADAP CITRA YANG DITAMPILKAN PADA IKLAN POLITIK MARS PARTAI PERINDO

BELINDA OCHTIVA TRI RACHMAWATI, 071311533076 (2017) OPINI PEMILIH PEMULA SURABAYA TERHADAP CITRA YANG DITAMPILKAN PADA IKLAN POLITIK MARS PARTAI PERINDO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 44-17 Rac o Abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 44-17 Rac o Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (195kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan opini pemilih pemula Surabaya terhadap citra yang ditampilkan pada iklan politik mars Partai Perindo. Pemilihan iklan politik mars Partai Perindo disebabkan oleh beberapa alasan, yang pertama adalah adanya opini pro dan kontra yang terjadi di masyarakat terhadap mars ini. Iklan politik Mars Partai Perindo ini dapat dikatakan sebagai serangkaian kampanye yang dilakukan oleh partai dengan tujuan agar masyarakat mengenal Partai Perindo. Hal ini didukung dengan persiapan-persiapan Partai Perindo dalam pemilu 2019 nanti dengan menyiapkan kebutuhan verifikasi yang akan dilakukan pada bulan Juli Agustus 2017 oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU). Selain itu, pemutaran iklan politik mars Partai Perindo pada media televisi ini adalah upaya untuk membentuk citra. Dimana citra tidak dapat hadir dengan sendirinya, melainkan melalui tiga nilai yaitu nilai kognisi, afeksi dan konasi yang ditampilkan melalui konten iklan tersebut Oleh sebab itu untuk membentukan citra pada pemilih pemula dilakukan proses pemutaran iklan mars partai perindo. Melalui opini-opini pemilih pemula Surabaya, peneliti ingin melihat bagaimana opini pemilih pemula terhadap citra yang ditampilkan pada iklan politik mars partai perindo dengan menggunakan teori S-O-R. Penelitain ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei berupa kuisoner sebagai instrumen penelitian yang disebar ke 100 orang responden pemilih pemula Surabaya. Hasil penelitian menunjukan opini pemilih pemula terhadap mars Partai Perindo menunjukan kecenderungan positif bahwa ini adalah bentuk dari iklan politik. Selain itu hasil peneliti ini menunjukan iklan politik mars Partai Perindo falam membentuk citra di pemilih pemula memiliki kecenderungan positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.44/17 Rac o
Uncontrolled Keywords: Opini, pemilih pemula, citra, iklan politik, iklan televisi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
BELINDA OCHTIVA TRI RACHMAWATI, 071311533076UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Ratna Sari, S,IP, M.CommUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 25 Jan 2018 20:08
Last Modified: 25 Jan 2018 20:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67887
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item