PEMBINGKAIAN BERITA ONLINE (Analisis Framing Berita Pencalonan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Pilkada DKI Jakarta di Sindonews.com dan Metrotvnews.com Juli – September 2016)

Ratih Cahya Aprillia, 071015058 (2017) PEMBINGKAIAN BERITA ONLINE (Analisis Framing Berita Pencalonan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Pilkada DKI Jakarta di Sindonews.com dan Metrotvnews.com Juli – September 2016). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 56-17 Apr p Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 56-17 Apr p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
sec.pdf

Download (280kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sosok Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sering mendapat sorotan media atas segala perilakunya sejak memegang jabatan sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Joko Widodo. Beberapa isu yang mengiringi Ahok selama menjadi wakil hingga diangkat menjadi gubernur ibukota Indonesia tersebut. Termasuk pencalonannya sebagai gubernur dalam Pilkada DKI Jakarta yang digelar Februari 2017. Salah satu isu yang sering diangkat media massa adalah mengenai jalur Ahok dalam mengikuti kontestasi pemilihan DKI 1 pada Pilkada 2017. Media dan politik memiliki hubungan yang erat, dimana pemberitaan mengenai peristiwa politik dipandang memiliki nilai berita yang tinggi oleh pemilik media massa. Namun, dalam melakukan pemberitaan media massa biasanya dipengaruhi oleh internal dan eksternal yang berpotensi media massa tidak netral. Sindonews.com dan Metrotvnews.com sebagai dua media online yang memiliki kelebihan cepat dalam memberikan informasi dan mudah diakses oleh khalayak melakukan pembingkaian atas realitas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kedua media tersebut dalam membingkai berita mengenai pencalonan Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2017. Apakah terdapat perbedaan dalam memberitakan realitas tersebut atau bahkan sama. Untuk menjawab masalah tersebut, peneliti mencoba menganalisis bagaimana wartawan dalam menulis berita dan dipublis pada khalayak denga menggunakan teknik analisis framing yang digunakan adalah model milih Robert N Entman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.56/17 Apr p
Uncontrolled Keywords: Framing, media online, Sindonews.com, Metrotvnews.com, Basuki Tjahaja Purnama, Ahok, Pilkada DKI Jakarta 2017
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Ratih Cahya Aprillia, 071015058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIrfan Wahyudi, S.Sos., M.Comms, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 28 Jan 2018 21:18
Last Modified: 28 Jan 2018 21:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67907
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item