Esterlitha Maharani, 071311533022 (2017) REPRESENTASI GAYA HIDUP MASYARAKAT URBAN DALAM VLOG ARIEF MUHAMMAD, CHANDRA LIOW DAN RADITYA DIKA DI YOUTUBE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
Fis K 60-17 Mah r Abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
Fis K 60-17 Mah r Sec.pdf Restricted to Registered users only until 14 December 2020. Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf Download (569kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai representasi gaya hidup masyarakat urban dalam vlog Arief Muhammad, Chandra Liow, dan Raditya Dika. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplor penggambaran gaya hidup masyarakat urban dalam vlog di YouTube. Gaya hidup masyarakat urban dapat dilihat dari beberapa unsur. Diantaranya dari pakaian apa saja yang digunakan, barang apa saja yang dipakai, dan aktivitas apa saja yang dilakukan. Selain itu, gaya hidup juga dapat dilihat dari kebiasaan yang saat ini sedang dilakukan seperti kebiasaan kuliner dan kebiasaan travelling. Penelitian ini menggunakan metode semiotik milik Roland Barthes. Metode semiotik digunakan untuk melakukan kajian terhadap tanda. Peneliti menggunakan metode semiotik Roland Barthes untuk melihat makna denotasi dan konotasi yang ada pada vlog. Pemaknaan yang dilihat dari vlog Arief Muhammad, Chandra Liow, dan Raditya Dika dibagi menjadi, non-coded iconic message yang merupakan makna denotasi, coded iconic message yang merupakan makna konotasi, dan mitos yang merupakan hasil dari pemaknaan. Setelah melakukan ketiga tahap tersebut maka peneliti dapat mendeskripsikan penggambaran gaya hidup masyarakat urban dalam vlog di YouTube. Dengan menggunakan metode semiotik milik Roland Barthes, peneliti mampu mengungkap makna tersembunyi pada akun vlog Arief Muhammad, Chandra Liow, dan Raditya Dika. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa para vlogger menggambarkan gaya hidup hedonis. Dimana gaya hidup hedonis sendiri memiliki pengertian sebagai suatu pola hidup yang aktivitasnya untuk mencari kesenangan, seperti lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah, lebih banyak bermain, senang pada keramaian kota, senang membeli barang mahal yang disenanginya, serta selalu ingin menjadi pusat perhatian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 Fis.K.60/17 Mah r | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Gaya Hidup, Masyarakat Urban, Semiotik | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Binkol2 2 | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2018 21:30 | ||||||
Last Modified: | 28 Jan 2018 21:30 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67915 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |