PEMBINGKAIAN BERITA PENCALONAN TRI RISMAHARINI PADA PEMILIHAN GUBERNUR DKI JAKARTA 2017 (Analisis Framing pada Antarajatim.com, Bangsaonline.com, dan Beritajatim.com Periode Juli – September 2016)

POPPY DYAH KIRANA, 071311533024 (2017) PEMBINGKAIAN BERITA PENCALONAN TRI RISMAHARINI PADA PEMILIHAN GUBERNUR DKI JAKARTA 2017 (Analisis Framing pada Antarajatim.com, Bangsaonline.com, dan Beritajatim.com Periode Juli – September 2016). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 65-17 Kir p Abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 65-17 Kir p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (210kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pembingkaian berita yang dilakukan media online lokal Jawa Timur (Antarajatim.com, Bangsaonline.com, dan Beritajatim.com) terkait pencalonan Tri Rismaharini pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. Analisis ini dilakukan pada pemberitaan periode Juli – September 2016. Pembingkaian berita media online lokal menjadi menarik untuk diteliti karena kehadiran media online lokal di era konvergensi media dapat mengimbangi dominasi pemberitaan media arus utama yang dimiliki kelompok media besar . Peneliti memilih ketiga media online lokal tersebut karena adanya aspek kedekatan (proximity) terhadap objek penelitian yang berkaitan dengan kepala daerah ibukota Provinsi Jawa Timur yaitu Surabaya. Selain itu ketiga media online memiliki latar belakang berbeda yang dapat mempengaruhi pemberitaan yang ditampilkan kepada pembaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Dalam menganalisis berita-berita yang dipilih sebagai sasaran penelitian, peneliti menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Model ini digunakan oleh peneliti karena dapat menggambarkan secara detail mengenai berita yang disusun dan dibingkai dengan menganalisis melalui struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Sebagai referensi penelitian, peneliti menggunakan tinjauan pustaka berupa media massa dan konstruksi realitas; analisis framing; jurnalisme dan politik; dan media baru, berita online, dan politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya ketidakkonsisten dari ketiga media online terhadap perspektif pemberitaan yang ditampilkan. Perspektif yang dihadirkan dalam berita berubah-ubah dan tidak menerapkan prinsip cover both sides. Meskipun ada perbedaan dari ketiga media online ini, ternyata ditemukan kesamaan bahwa ketiga media online tersebut menitikberatkan pemberitaan pada personalisasi kandidat daripada partai politik yang mengusungnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.65/17 Kir p
Uncontrolled Keywords: Framing, Konstruksi Sosial, Media Online
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
POPPY DYAH KIRANA, 071311533024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy Pahrun Wadipala, S.I.Kom.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 28 Jan 2018 21:37
Last Modified: 28 Jan 2018 21:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67926
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item