PENERAPAN SIX SIGMA DALAM EVALUASI PELAYANAN HAJI DAN UMRAH PADA PT.ANDROMEDA ATRIA WISATA

MARIA DE VEGA, 040731022 (2013) PENERAPAN SIX SIGMA DALAM EVALUASI PELAYANAN HAJI DAN UMRAH PADA PT.ANDROMEDA ATRIA WISATA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-vegamariad-28587-6.abstr-k.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MARIA DE VEGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kualitas merupakan suatu jaminan yang harus diberikan dan dipenuhi oleh perusahaan kepada pelanggan termasuk kualitas dari produk dan layanan jasa. Oleh karena itu diperlukan suatu perbaikan dan peningkatan kualitas secara terus – menerus dari perusahaan agar dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kondisi di atas berlaku juga pada PT.Andromeda Atria wisata Surabaya yang merupakan salah satu perusahaan jasa yang produk utamanya adalah penjualan paket haji dan umrah. Perusahaan ini ingin selalu melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan haji dan umrah agar dapat menghasilkan kualitas pelayanan yang bermutu. Kualitas yang baik adalah kualitas yang mendekati ukuran kesempurnaan sesuai keinginan pelanggan (zero defect). Oleh karena itu setiap perusahaan berusaha secara terus – menerus untuk mencapai kondisi tersebut. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan DMAIC pada Six Sigma. Untuk tahap awal, mendefinisikan defect dengan memahami critical to quality. Lalu melakukan pengukuran skor sigma untuk dijelaskan dalam diagram Pareto. Untuk tindakan perbaikan dilakukan analisis dengan menggunakan fishbone diagram, sehingga diketahui akar penyebab masalah. Selanjutnya untuk melakukan tindakan perbaikan dilakukan perhitungan dari RPN (Risk Potential Number). Dengan diketahui RPN tersebut, maka dapat diketahui tindakan perbaikan sebagai prioritas pertama yang harus dilakukan. Dari penelitian ini dapat diketahui kegagalan kualitas pelayanan umrah dengan kapabilitas sigma perusahaan mencapai level 3,88. Dengan menggunakan alat bantu Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), diperoleh prioritas tindakan perbaikan yang dapat dijadikan acuan untuk melakukan perbaikan di perusahaan sehingga dapat mencapai level sigma yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 A. 224/13 Veg p
Uncontrolled Keywords: QUALITY OF PRODUCT; ACTIVITY-BASED
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MARIA DE VEGA, 040731022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Agustia, Dr. Hj., SE.Msi, Ak.CMA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Dec 2013 12:00
Last Modified: 26 Jul 2016 08:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6793
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item