REPRESENTASI SOSOK INTERSEKSUAL DALAM NOVEL “NAMAKU LOUI(SA)” KARYA ADYA PRAMUDITA

SARI WIDIYANTI, 071311533032 (2017) REPRESENTASI SOSOK INTERSEKSUAL DALAM NOVEL “NAMAKU LOUI(SA)” KARYA ADYA PRAMUDITA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 71-17 Wid r Abstrak.PDF

Download (18kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 71-17 Wid r Sec.PDF
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai penggambaran sosok interseksual dalam novel berjudul Namaku Loui(sa) karya Adya Pramudita yang terbit tahun 2015. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena sosok interseksual seringkali digambarkan sebagai kaum minoritas yang dimarjinalkan di media massa. Untuk itu, Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana identitas sosok interseksual dinarasikan dan bagaimana pengarang menempatkan sosok interseksual dalam masyarakat yang heteronormatif dalam novel tersebut. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pengarang mengartikulasikan wacana sosok interseksual dan identitasnya melalui representasi tokoh utama dan beberapa tokoh pendukung lainnya. Dengan menggunakan metode analisis wacana Mikhail M. Bakhtin, peneliti menganalisis bagaimana wacana interseksual diartikulasikan melalui narasi dalam novel. Peneliti memanfaatkan pendekatan Bakhtin dengan pembahasan komposisi atau struktur plot; tokoh dan posisi pengarang; serta representasi gagasan atau ideologi dalam teks. Peneliti menggunakan kajian mengenai representasi karena penelitian wacana tidak pernah lepas dari representasi. Sebagai sebuah wacana, novel tidak hanya merepresentasikan objek, tetapi sekaligus menjadi objek reprsentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengarang memposisikan sosok interseksual sebagai kaum marjinal. Sosok interseksual digambarkan sebagai pihak yang tidak memiliki kuasa dalam masyarakat yang heteromormatif. Selain itu, sosok interseksual juga digambarkan sebagai sosok yang tidak memiliki kuasa atas tubuh dan identitasnya yang dipertanyakan antara laki-laki atau perempuan. Melalui pembahasan struktur bahasa, pengarang berusaha membentuk provokasi dan membangun pemikiran secara penuh untuk mendesak pembaca agar memihak pada sosok interseksual itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.71/17 Wid r
Uncontrolled Keywords: Wacana, Representasi, Interseksual, Bakhtinian
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
SARI WIDIYANTI, 071311533032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Prof. M.Comm., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 28 Jan 2018 22:35
Last Modified: 28 Jan 2018 22:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67937
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item