ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN BRAND APPLE TERHADAP PRODUK IPHONE DI SURABAYA (STUDI DESKRIPTIF LOYALITAS KONSUMEN REMAJA GENERASI Z TERHADAP PRODUK IPHONE DI SURABAYA)

Putri Amalia Shabrina, 071311533016 (2017) ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN BRAND APPLE TERHADAP PRODUK IPHONE DI SURABAYA (STUDI DESKRIPTIF LOYALITAS KONSUMEN REMAJA GENERASI Z TERHADAP PRODUK IPHONE DI SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 84-17 Sha a Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 84-17 Sha a Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 14 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Sec.pdf

Download (208kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian ini adalah mengenai analisis kecenderungan loyalitas konsumen brand Apple terhadap produk iPhone di Surabaya dan faktor eksternal yang mempengaruhi konsumen dalam memutuskan pembelian smartphone iPhone, dengan memilih remaja generasi Z sebagai responden yang diteliti. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena terjadinya penurunan penjualan produk iPhone untuk pertama kali sejak peluncurannya di tahun 2007, namun tidak mengurangi minat remaja pada generasi Z untuk membeli iPhone. Maka, penelitian ini akan berfokus pada kecenderungan tingkatan loyalitas remaja generasi Z terhadap brand Apple produk iPhone faktor eksternal apa yang paling tinggi dalam proses pengambilan keputusan konsumen Generasi Z dalam memutuskan pembelian smartphone iPhone. Kerangka teori pada penelitian ini menggunakan teori brand equity, brand loyalty, decision making process, perilaku konsumen dan perilaku konsumen berdasarkan karakteristik generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan objek penelitian secara sistematis, faktual dan akurat. Metode yang dilakukan adalah dengan instrumen kuesioner yang dibagikan kepada 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan loyalitas konsumen remaja generasi Z terhadap brand Apple dengan produk iPhone di Surabaya ada pada tingkatan satisfied buyer. Ketidaksesuaian hasil penelitian dengan teori sebelumnya, dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain banyak nya produk yang tersedia pada pasar serta ada nya overcrowding market and brand. Selain itu kondisi pasar yang dinamis memberikan pilihan bagi remaja generasi Z dalam proses memilih brand atau produk, hal tersebut dapat diekplorasi melalui konsep emotional branding. Serta terdapat tiga faktor tertinggi yang mempengaruhi remaja generasi Z dalam memutuskan pembelian smartphone iPhone, yakni sub budaya, produk dan saluran distribusi. Hal ini dapat dikaitkan dengan brand equity yang kuat, brand image, packaging product, value added dan dimensi top of mind dimana hal-hal tersebut menjadi penting karena merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi generasi Z untuk mengkonsumsi brand Apple dengan produk iPhone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.84/17 Sha a
Uncontrolled Keywords: Brand Equity, Brand Loyalty, Perilaku Konsumen, Apple, iPhone
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1021-1027 Commercial geography. Economic geography
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Putri Amalia Shabrina, 071311533016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Ratna Sari, S.IP., M.CommUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 16:45
Last Modified: 29 Jan 2018 16:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67958
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item