BERNASHA CASSA PARADISA AL-KAUSTAR, 040914047 (2013) IMPLEMENTASI NILAI FATHANAH DALAM BAURAN PROMOSI PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DOMPET DHUAFA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-alkaustarb-29438-7.abstr-k.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
BERNASHA CASSA PARADISA 2 FEB. EI. 78.13 Alk i.compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai fathanah dalam bauran promosi lembaga amil zakat Dompet Dhuafa. Implementasi nilai fathanah dalam bauran promosi yakni: iklan, penjualan tatap muka, acara dan pengalaman, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung, pemasaran dari mulut ke mulut pada lembaga zakat tersebut. Penelitian dalam skripsi ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode studi kasus yang bersifat deskriptif. Jenis sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu wawancara dan observasi partisipatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penlitian ini adalah pencocokan pola. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai fathanah dalam bauran promosi telah dilaksanakan Dompet Dhuafa. Fathanah diimplementasikan dengan mengerti dan memahami audiens serta memilih bauran promosi yang digunakan. Sehingga audiens dapat memahami pesan yang disampaikan Dompet Dhuafa. Saran yang dapat diberikan bagi otoritas lembaga zakat hendaknya menghimbau pada seluruh lembaga zakat yang menghimpun dana zakat, infaq atau shadaqah untuk melaksanakan nilai fathanah dan melaksanakan nilai-nilai lainnya yang tidak bertentangan dengan fiqih muamalah pada setiap aktivitasnya, terutama dalam promosi yang digunakan. Saran untuk Dompet Dhuafa adalah meningkatkan promosi melalui perluasan penggunaan media terutama Dompet Dhuafa cabang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK - 2 FEB. EI. 78/13 Alk i | ||||||
Uncontrolled Keywords: | DHUAFA; PROMOTION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2014 12:00 | ||||||
Last Modified: | 06 Jun 2017 16:56 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6801 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |