Penyelenggaran pemilu yang akuntabel menjamin pemilu yang berint, 071514453012 (2017) PENGUATAN AKUNTABILITAS KPU KABUPATEN PROBOLINGGO MELALUI SISTEM RESPON PENGADUAN PADA PEMILU LEGISLATIF 2014. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (abstrak)
abstrak.pdf Download (34kB) | Preview |
|
Text (full text)
full text.pdf Restricted to Registered users only until 14 December 2020. Download (808kB) |
Abstract
Penyelenggaran pemilu yang akuntabel menjamin pemilu yang berintegritas. Sistem respon pengaduan (complaint system) menjadi sebuah mekanisme untuk menampung setiap bentuk pengaduan berupa: pertanyaan, keberatan dan laporan dugaan pelanggaran administrasi pemilu. Penelitian ini melihat bagaimana mekanisme penanganan pengaduan dan mengevaluasi Tim Respon Cepat (TRC) KPU Kabupaten Probolinggo dalam menampung dan merespon setiap bentuk pengaduan dari para pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan pemilu legislatif tahun 2014. Penelitian ini merupakan penelitian terapan (applied research) menggunakan metode kualitatif dengan teknik pencarian data menggunakan observasi partisipan, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TRC cukup baik dalam hal: komitmen, accessible, kesederhanaan dan confidentiality, tetapi lemah dalam aspek: visible, ketepatan, fairness, records, sumber daya dan remedy. Secara umum TRC KPU Kabupaten Probolinggo belum efektif dalam menampung dan merespon setiap bentuk pengaduan.Gagalnya penanganan pengaduan yang dilakukan oleh TRC, menunjukkan bahwa penyelenggaraan pemilu belum dilaksanakan secara profesional dan akuntabel. SOP Sistem respon pengaduan (complaint system) mendesak untuk diadopsi oleh KPU di tiap tingkatan agar efektif dalam menampung dan merespon setiap bentuk pengaduan pemangku kepentingan pemilu. Penelitian ini merekomendasikan draft SOP sistem respon pengaduan (complaint system), serta menyarankan adanya perubahan Peraturan KPU nomor 25 tahun 2013 agar mengatur lebih luas dan terperinci mengenai mekanisme penanganan pengaduan dan dijadikan acuan dalam membuat SOP.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TP 10/17 Kum p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Akuntabilitas, Bentuk Pengaduan, Pemilu Berintegritas, Sistem Respon Pengaduan (complaint system). | ||||||
Subjects: | J Political Science | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2017 01:19 | ||||||
Last Modified: | 14 Dec 2017 01:19 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68050 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |