KONFLIK KEPENTINGAN DALAM PENGELOLAAN TANAH KAS DESA DI DESA BEJALEN, AMBARAWA

LAVICA ANKY RISWANDA, 071311333087 (2017) KONFLIK KEPENTINGAN DALAM PENGELOLAAN TANAH KAS DESA DI DESA BEJALEN, AMBARAWA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 38-17 Ris k Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 38-17 Ris k Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konflik sering terjadi di tengah kehidupan masyarakat, penyebabnya adalah perbedaan kepentingan antara pihak-pihak yang berkonflik serta bisa terjadi karena adanya keinginan manusia untuk menguasai sumber-sumber dan posisi yang langka (resource and scarcity). Kasus konflik yang menyangkut tentang tanah merupakan benturan kepentingan (conflict of interest) antara satu pihak dengan pihak lain yang memperebutkan sumberdaya pada objek tanah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana akan mendeskripsikan faktor penyebab munculnya konflik dan dinamika konflik yang terjadi. Konflik di Desa Bejalen muncul ke permukaan disebabkan adanya potensi ekonomi yang berada di lahan yang bersengketa yakni Tanah Kas Desa Bejalen. Tanah Kas Desa yang memiliki nilai ekonomi tersebut dimanfaatkan mulai dari penanaman padi hingga objek wisata. Pada pemanfaatan tanah tersebut muncul gejolak yang dapat menimbulkan konflik, hal tersebut ditengarai karena ada beberapa pihak yang memiliki kepentingan untuk mengeruk keuntungan materi atas pemanfaatan Tanah Kas Desa Bejalen. Sehingga pada konflik yang terjadi ini ada pihak-pihak yang diuntungkan serta dirugikan. Skripsi ini juga menjelaskan bagaimana pihak-pihak yang bertikai untuk berupaya menyelesaikan konflik. Juga tentang bagaimana sikap negara atau pembuat kebijakan dalam menyelesaikan permasalahan ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.38/17 Ris k
Uncontrolled Keywords: Konflik, Kepentingan, Tanah Kas Desa, Desa, Investor, Objek Wisata,
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
LAVICA ANKY RISWANDA, 071311333087UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPriyatmoko, Drs. , M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 18:00
Last Modified: 29 Jan 2018 18:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68065
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item