RELASI DPP - DPD - DPC PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDI PERJUANGAN) DALAM PENGUSUNGAN TRI RISMAHARINI PADA PILKADA 2015

SUKMA KURNIA ROBBY, 071311333058 (2017) RELASI DPP - DPD - DPC PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDI PERJUANGAN) DALAM PENGUSUNGAN TRI RISMAHARINI PADA PILKADA 2015. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 49-17 Rob r Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 49-17 Rob r Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses politik merupakan kunci dalam suatu interaksi berpolitik untuk saling pengaruh- mempengaruhi diantara lembaga dalam masyarakat yang keseluruhannya merupakan struktur politik yang masing-masing melaksanakan fungsi input dan output. Studi ini mendeskripsikan bagaimana relasi DPP – DPD – DPC PDI Perjuangan dalam proses pengusungan Tri Rismaharini pada Pilkada 2015 dengan melewati proses seleksi kandidasi. Konflik yang muncul melibatkan elit internal partai dan pihak yang memiliki sumber-sumber pengaruh akan menunjukkan pengaruhnya sebagai bentuk relasi kekuasaan politik. Hal ini semua akan berpengaruh dalam proses seleksi kandidasi oleh partai politik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain eksplanatif, dimana proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam atau Depth Interview sehingga proses analisis data menggunakan Teori Seleksi Kandidasi oleh Reuven Y Hazan dan Gideon Rahat dan diperkuat dengan konsep Relasi Kekuasaan Politik oleh Robbins dan Judge. Dari hasil temuan dan analisis data penelitian ini bahwa PDI Perjuangan berhasil melakukan penyelesaian konflik dan melaksanakan proses seleksi kandidasi pada Pilkada Surabaya 2015. Konflik akibat ambisi elit PDI Perjuangan berhasil dikelola dengan baik oleh sistem partai yang sudah dibangun dengan baik serta pengalaman yang pernah didapati. Akhirnya konsolidasi dapat dicapai dengan memperhatikan kepentingan bersama mulai dari level akar rumput hingga level pusat partai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.49/17 Rob r
Uncontrolled Keywords: Partai Politik,, PDI Perjuangan, Tri Rismaharini, Pemilihan Kepala Daerah,Kandidasi
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
SUKMA KURNIA ROBBY, 071311333058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Windyastuti Budi H, Dr.,Dra.MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Jan 2018 18:39
Last Modified: 29 Jan 2018 18:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68104
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item