LANSIA YANG MENGHUNI PANTI WERDHA (Studi Kasus Orang Tua yang Dititipkan di Panti Werdha Hargo Dedali Surabaya pada Etnis Jawa)

Lhutfiani Windy, 071311433066 (2017) LANSIA YANG MENGHUNI PANTI WERDHA (Studi Kasus Orang Tua yang Dititipkan di Panti Werdha Hargo Dedali Surabaya pada Etnis Jawa). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.05.17 . Win.l - ABSTRAK.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.05.17 . Win.l - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.05.17 . Win.l - JURNAL.pdf

Download (227kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari tahun ke tahun jumlah penduduk orang tua lanjut usia mengalami peningkatan terutama pada masyarakat perkotaan, yang menyebabkan pada masyarakat perkotaan berfikir modern yaitu panti werdha sebagai salah satu solusi terbaik untuk mendapatkan pelayanan, perawatan dan fasilitas yang lebih baik dari pada di rumah. Orang tua lanjut usia merasa kesepian, tidak diurus, dan adanya konfik dengan keluarga. Masalah sosial bukan hanya dari masalah yang besar saja akan tetapi masalah itu juga dapat berasal dari keluarga yaitu orang tua yang sudah lanjut usia yang sangat membutuhkan keberadaan orang lain. Penelitian ini melihat latar belakang keputusan anak menitipkan orang tua di panti werdha antara lain karena adanya masalah keluarga dari segi ekonomi, timbulnya cekcok dengan menantu, orang tua mengeluh kesepian, tidak ada tempat tinggal karena rumah sudah di jual, anak sering merasa direpotkan karena tingkah laku orang tua yang sudah lanjut usia, anak sering tidak sabaran dalam menghadapi orang tua lanjut usia yang juga berdampak adanya perubahan hubungan batin antara anak dengan orang tua setelah tinggal di panti werdha yang di tandai dengan berkurangnya rasa perhatian orang tua terhadap anak dalam bentuk kasih sayang maupun nasehat, orang tua lebih suka menangis dan menyendiri dari pada harus berhubungan dengan anak kandungnya sendiri seperti sebelum masuk di panti werdha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.05/17 Win l
Uncontrolled Keywords: (Orang tua, anak, hubungan batin, panti werdha)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Lhutfiani Windy, 071311433066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI.B. Wirawan, Prof., Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 18:21
Last Modified: 14 Jan 2018 18:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68108
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item