MAKNA SUPLEMEN KEBUGARAN BAGI PENGGEMAR AKTIVITAS FITNESS DI SURABAYA ( Studi Deskriptif Kualitatif Makna Suplemen Instant Pembentuk Tubuh Di Kota Surabaya )

Rr WORO RAGILIA A.N.I, 071211433048 (2017) MAKNA SUPLEMEN KEBUGARAN BAGI PENGGEMAR AKTIVITAS FITNESS DI SURABAYA ( Studi Deskriptif Kualitatif Makna Suplemen Instant Pembentuk Tubuh Di Kota Surabaya ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.15.17 . Wor.m - ABSTRAK.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.15.17 . Wor.m - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.15.17 . Wor.m - JURNAL.pdf

Download (445kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

V.1 Kesimpulan Fragmentasi makna akan suplemen kebugaran di dasari kegiatan gym yang menjadi aktivitas rutin para penggemar aktivitas kebugaran. Kebutuhan akan bentuk tubuh ideal seperti yang diharapkan para penggemar aktivitas kebugaran, mampu membuat mereka memilih beragam suplemen yang dibutuhkan. Fragmentasi makna suplemen kebugaran yang para penggemar aktivitas maknai yaitu berdasarkan kesehatan, sebagai alat penunjang penampilan, berlaih ke pengaruh psikologis yang mampu membuat sugesti bagi para penggunanya, dan mampu menciptakan identitas kepercayaan diri bagi para penggemar aktivitas kebugaran itu sendiri. Awal penggunaan suplemen kebugaran yaitu untuk keperluan kesehatan dan sebagai pembentuk tubuh ideal secara instan, lalu didukung dengan sumber informasi dan lingkungan sosial yang mendukung. Hasil dari fragmentasi makna suplemen kebugaran ini yaitu para penggemar aktivitas kebugaran memaknai suplemen kebugaran ke dalam empat hal : (a) Alasan Kesehatan (b) Pendukung Penampilan (c) Mendukung Kondisi Psikologis (d) Menciptakan Kepercayaan Diri. Hal diatas yang mampu menjadikan pencapaian tubuh ideal para penggemar aktivitas terpenuhi tanpa memikirkan efek samping dan dampak yang dihasilkan dari penggunaan jangka panjang. V.2 Saran Pemilihan seseorang untuk rutin melakukan aktivitas gym dan mengkonsumsi suplemen kebugaran, pada dasarnya bukanlah tindakan yang membahayakan. Kondisi demikian dikarenakan karena kebutuhan akan nutrisi dan olahraga tambahan bagi masyarakat kota yang tidak mampu membagi waktunya untuk melakukan aktivitas olahraga diluar ruangan, berbarengan dengan rutinitas harian mereka yang cukup padat. Namun perlu diperhatikan dalam pemiliha suplemen kebugaran untuk kandungan dan nilai gizi yang terdapat di tiap suplemen tersebut, pengetahuan dan informasi merupakan hal penting yang wajib dimiliki seseorang jika memilih untuk mengkonsumsi suplemen kebugaran sebagai pembentuk instant tubuh ideal yang diharapkan. Karena dari segi kesehatan sendiri, suplemen memiliki beberapa efek samping yang bertolak belakang dari fungsi utamanya yaitu kesehatan. Maka dari itu pemilihan kandungan nutrisi sangat penting dipelajjari oleh para penggemar aktivitas kebugaran sebelum mereka memastikan menggunakan suplemen tersebut. Dari penelitian ini bagi pengguna aktivitas kebugaran lebih diarahkan dan diperjelas sebagai kesehatan dan tuntutan lingkungan sosial yang membutuhkan bentuk tubuh ideal. Bagi Personal Trainner (PT) dan pusat kebugaran hanya memberi informasi kesehatan seputar komersil tanpa memberi tahu efek samping dan pemilihan kandungan nutrisi untuk pemakaian sesuai kebutuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.15/17 Wor m
Uncontrolled Keywords: Sosiologi, penggemar fitnes, surabaya
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Rr WORO RAGILIA A.N.I, 071211433048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 19:25
Last Modified: 14 Jan 2018 19:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68138
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item