PERTARUNGAN PARTAI ABANGAN DAN PARTAI SANTRI DI BALIK KEBIJAKAN PENGINTEGRASIAN PONDOK PESANTREN DALAM PERDA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KABUPATEN JOMBANG

Salman Al Farizi, 071311333063 (2017) PERTARUNGAN PARTAI ABANGAN DAN PARTAI SANTRI DI BALIK KEBIJAKAN PENGINTEGRASIAN PONDOK PESANTREN DALAM PERDA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KABUPATEN JOMBANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis P 77-17 Sal p Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis P 77-17 Sal p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis P 77-17 Sal p jURNAL.pdf

Download (625kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seperti di negara berkembang lain yang secara natural pluralistik, struktur sosial masyarakat ditempatkan sebagai titik sentral dalam memahami partai politik di Indonesia dimana partai politik mengikuti konstruksi perbedaan sosial dalam masyarakat dan mengeksploitasinya untuk mendapatkan kekuasaan politik. Namun demikian, sedikit penelitian dilakukan guna mengungkap bagaimana partai politik menjaga atau menguatkan basis sosial yang sudah dieksploitasi tersebut. Karenanya, penulis terdorong untuk melakukan penelitian lapangan mengenai fenomena macetnya Perda Penyelenggaraan Pendidikan Kabupaten Jombang yang ditengarai disebabkan oleh pertarungan partai politik. Penulis mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi serta mengumpulkan data-data sekunder dan dianalisis melalui pendekatan penelitin kualitatif-deskriptif. Temuan yang didapat menunjukkan bahwa partai politik di Jombang menggunakan kebijakan publik (Perda) untuk menguatkan basis sosial pendukung mereka. Partai politik di Jombang mengikuti trikotomi perbedaan sosial masyarakat Jombang, santri-puritan-abangan, sehingga partai santri mencoba memasukkan pendidikan khas santri yakni pondok pesantren untuk menguatkan basis sosial pendukung mereka dan sebaliknya partai abangan dan partai puritan menahan pengesahan Perda agar hal tersebut tidak terjadi dan basis sosial pendukung mereka tidak tergerus. Dari temuan tersebut akhirnya penulis juga mengembangkan sebuah model pendekatan dalam melihat kebijakan publik yakni model fronstage-backstage yang akan membantu kita memahami kebijakan dari kacamata pertarungan partai politik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.P.77/17 Sal p
Uncontrolled Keywords: Partai politik, struktur sosial, basis sosial, Perda, pondok pesantren.
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Salman Al Farizi, 071311333063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSalman Al Farizi, 071311333063UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 18 Feb 2018 18:46
Last Modified: 18 Feb 2018 18:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68222
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item