POLA TINDAKAN DALAM MENGATASI MASALAH KESEHATAN MASYARAKAT KORBAN BANJIR (Studi Deskriptif Tentang Mekanisme Survival Terhadap Situasi Bencana Banjir di Kabupaten Lamongan)

Eva Triana Meinisa, 071311433006 (2017) POLA TINDAKAN DALAM MENGATASI MASALAH KESEHATAN MASYARAKAT KORBAN BANJIR (Studi Deskriptif Tentang Mekanisme Survival Terhadap Situasi Bencana Banjir di Kabupaten Lamongan). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.44.17 . Mei.p - ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.44.17 . Mei.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.44.17 . Mei.p - JURNAL.pdf

Download (467kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ada banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat terdampak banjir dalam mengatasi masalah kesehatan. Begitu juga masyarakat desa Truni yang mengalami banjir setiap tahun dan menelan banyak kerugian. Sehingga mereka melakukan mekanisme survival untuk terus bertahan hidup karena mereka hidup di daerah rawan banjir. Penelitian ini merumuskan dua masalah yakni bagaimana pola yang dikembangkan masyarakat terdampak banjir untuk mengatasi masalah kesehatannya dan faktor – faktor apa yang menjadi determinan dalam mengembangkan mekanisme mengatasi masalah kesehatan masyarakat terdampak banjir. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Etika Subsistensi dari James C Scott dan didukung oleh teori Sistem Kepercayaan dari Max Weber. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah Desa Truni Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan yang merupakan daerah rawan banjir. Data yang digunakan dengan mengambil responden sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis elaborasi dengan tabel frekuensi univariat maupun bivariat.. Penelitian ini menghasilkan temuan data sebagai berikut. - Tindakan yang dilakukan korban banjir untuk mengatasi masalah kesehatan di desa Truni melalui dua aspek, yaitu sosial dan ekonomi. Pada aspek sosial mereka lebih cenderung untuk meminta bantuan kepada kerabat dekat maupun tetangga, dari segi ekonomi mereka melakukan tindakan mengambil tabungan/simpanan untuk dijual, atau jika sudah mengalami krisis mereka akan berhutang - Faktor yang menjadi determinan pada pengembangan pola tersebut ialah pekerjaan dan pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.44/17 Mai p
Uncontrolled Keywords: Krisis kesehatan, Korban Banjir, Pola penanganan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Eva Triana Meinisa, 071311433006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 21:04
Last Modified: 14 Jan 2018 21:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68236
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item