RELASI EKONOMI MASYARAKAT TROWULAN (Studi Mengenai Relasi Pengrajin dengan Pengusaha Patung di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto)

Nur Azizatun Nafi’ah, 071311433032 (2017) RELASI EKONOMI MASYARAKAT TROWULAN (Studi Mengenai Relasi Pengrajin dengan Pengusaha Patung di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.51.17 . Naf.r - ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.51.17 . Naf.r - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.51.17 . Naf.r - JURNAL.pdf

Download (508kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengrajin patung sangat bergantung pada pengusaha, begitu juga pengusaha yang bergantung pemasaran kepada tengkulak Bali. Pada aktivitas yang berlangsung keduanya saling membutuhkan dan saling ketergantungkan. Sehingga terbentuknya relasi ekonomi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ekonominya yang diperlukan pengrajin maupun pengusaha. Kemunculan hubungan kerja antara pengrajin dan pengusaha patung dapat ditandai pula dengan adanya ketidakamanan perekonomian. Kondisi pasar yang tidak aman dan penuh persaingan, para pelaku aktivitas ekonomi lokal seperti pengrajin dan pengusaha akan mementingkan kesejahteraan dari keluarga terlebih dahulu. Penelitian ini menggunakan teori nilai lebih/surplus value dan alienasi yang kemukakan oleh Karl Marx. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian merupakan pengrajin tetap, pengrajin tidak tetap dan pengusaha patung diperoleh dengan metode purposive. Metode pengumpulan data melakukan dengan wawancara mendalam serta didukung dengan data observasi langsung. Penelitian ini menemukan bahwa relasi yang terjadi antara pengusaha dengan para pengrajinnya masih mengindikasikan adanya proses eksploitasi, seperti: upah yang tidak setara dengan resiko kerja, dan kurangnya jaminan kesehatan. Ketiadaan kontrak kerja membuat pengusaha semakin bebas dari kewajiban untuk memenuhi hak-hak pekerja. Dari relasi yang terjadi juga menimbulkan alienasi bagi pengrajin juga pengusaha. Ada tiga Alienasi yang terjadi pada relasi yang berlangsung, alienasi dari aktivitas produksinya, alienasi dari potensi kemanusian, dan alienasi dari orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.51/17 Naf r
Uncontrolled Keywords: Pengrajin Patung, Pengusaha Patung, Relasi Ekonomi, Eksploitasi dan Alienasi.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Nur Azizatun Nafi’ah, 071311433032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKarnaji, S.Sos, Msi,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 21:10
Last Modified: 14 Jan 2018 21:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68242
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item