PROSES ADAPTASI SOSIAL PARA PENYANDANG TUNANETRA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI (Studi Deskriptif Pada Para Penyandang Tunanetra di Komunitas Mata Hati)

MAYA DIAH PURNAMA SARY, 071311433040 (2017) PROSES ADAPTASI SOSIAL PARA PENYANDANG TUNANETRA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI (Studi Deskriptif Pada Para Penyandang Tunanetra di Komunitas Mata Hati). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.54.17 . Sar.p - ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.54.17 . Sar.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.54.17 . Sar.p - JURNAL.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang proses adaptasi para penyandang tunanetra di Komunitas Mata Hati dalam kehidupan sehari-hari di mana para penyandang tunanetra dianggap tidak dapat melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian untuk memahami proses sosialisasi yang didapatkan para penyandang tunanetra dan konsep dirinya dalam beradaptasi di lingkungannya. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisa adalah konsep sosialisasi dan teori the looking glass self. Metode pengambilan data menggunakan purposive karena informan dipilih sesuai dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses sosialisasi yang di alami para penyandang tunanetra dalam keluarga maupun dalam Komunitas Mata Hati, bertujuan agar para penyandang tunanetra dapat beradaptasi di lingkungan masyarakat. Selain itu konsep diri tunanetra yang sebagian besar menjadikan dirinya sebagai orang yang terbuka hingga menerima segala masukan tentang dirinya dari orang lain untuk memperbaiki diri agar dapat diterima keberadaan dan beradaptasi di lingkungannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.54/17 Sar p
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Proses Sosialisasi, Tunanetra
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
MAYA DIAH PURNAMA SARY, 071311433040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTuti Budirahayu, Dr., Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 21:16
Last Modified: 14 Jan 2018 21:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68245
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item