Dukungan Sosial Orang Tua Dalam Pengobatan dan Perawatan pada Anak Penderita Thalasemia (Studi Kualitatif di RSUD Dr. Soetomo Surabaya)

Karima Dian Pratiwi, 071311433037 (2017) Dukungan Sosial Orang Tua Dalam Pengobatan dan Perawatan pada Anak Penderita Thalasemia (Studi Kualitatif di RSUD Dr. Soetomo Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.58.17 . Pra.d - ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.58.17 . Pra.d - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.58.17 . Pra.d - JURNAL.pdf

Download (126kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Thalasemmia adalah salah satu jenis penyakit kelainan darah terjadi gangguan pembentukan hemoglobin. Penderita thalassemia memproduksi sel darah merah lebih banyak dibandingkan orang normal, namun sel darah merah yang diproduksi tidak mencapai 120 hari. Penyakit thalassemia diturunkan melalui gen. Untuk membantu pertumbuhan anak penderita thalasemia, peran orang tua sangatlah penting. Oleh karena itulah orang tua penderita thalasemia dituntut memiliki dukungan sosial yang baik agar anak dapat mempertahankan hidup dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Penelitian ini memfokuskan pada bentuk dukungan sosial orang tua dalam proses pengobatan dan perawatan serta hal yang melatarbelakangi orang tua menggunakan bentuk dukungan sosial tersebut ditinjau dari teori tindakan sosial Weber dan bentuk dukungan sosial dari Sherburne & Stewart Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma definisi sosial dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah sejumlah lima orang tua yang memiliki anak penderita thalassemia di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Metode penentuan informan yang digunakan adalah Snowball. Dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam dengan menggunakan instrument penelitian pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk dukungan sosial yang diperankan ibu adalah dukungan emosional, instrumental, pemberian informasi, penilaian dan menemani rekreasi sedangkan peran ayah memberikan dukungan instrumental dalam bentuk materi. Hal yang melatarbelakangi orang tua dalam memberikan bentuk dukungan sosial adalah dipengaruhi oleh faktor umur penderita, pengetahuan orang tua dan kondisi sosial, ekonomi dan budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.58/17 Pra d
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial, orang tua, anak penderita thalasemia
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Karima Dian Pratiwi, 071311433037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 21:23
Last Modified: 14 Jan 2018 21:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68249
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item