GERAKAN SOSIAL PETANI KEDUNGDENDENG (Studi Kasus: Gerakan Perlawanan Petani Terhadap BKPH Ploso Barat Dusun Kedungdendeng Desa Jipurapah Kabupaten Jombang)

ANGGA PRASETYO ADI, 071311433101 (2017) GERAKAN SOSIAL PETANI KEDUNGDENDENG (Studi Kasus: Gerakan Perlawanan Petani Terhadap BKPH Ploso Barat Dusun Kedungdendeng Desa Jipurapah Kabupaten Jombang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis.S.62.17 . Adi.g - ABSTRAK.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis.S.62.17 . Adi.g - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
Fis.S.62.17 . Adi.g - JURNAL.pdf

Download (465kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengkaji gerakan sosial petani kedungdendeng, perlawanan yang dilakukan oleh petani kedungdendeng dengan perspektif etnografi kritis, terutama proses terjadinya gerakan perlawanan petani, bentuk perlawanan petani pra reformasi dan bentuk perlawanan petani pasca reformasi. Lokasi penelitian adalah Dusun Kedungdendeng Desa Jipurapah Kabupaten Jombang, adapun penentuan informan mengunakan purposive. informan yang diwawancari secara mendalam sebanyak 10 orang yang merupakan aktor dalam gerakan sosial petani, sedangkan untuk teknik pengumpulan data mengunakan wawancara. Dalam penelitian ini teori yang digunakan dalam analisa gerakan sosial yaitu deprivasi relatif dan Perlawanan Sehari – Hari. Kesimpulan penelitian dari gerakan sosial petani kedungdendeng adalah gerakan sosial petani terjadi dikarenakan adanya sebuah kondisi deprivasi relatif didalam masyarakat akibat adanya sebuah dualisme hukum dan didukung dengan adanya sebuah intimidasi dari BKPH Ploso Barat. Bentuk - bentuk perlawanan yang dilakukan oleh petani pra reformasi mengunakan perlawanan sehari hari dengan pengrogotan tanah secara liar dan pencurian kayu milik BKPH Ploso Barat. Bentuk - bentuk perlawanan pasca reformasi telah mengalami perubahan melalui jalur hukum dan birokrasi tetapi masih berprinsip utamakan selamat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.S.62/17 Adi g
Uncontrolled Keywords: Gerakan sosial, perlawanan, konflik
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
ANGGA PRASETYO ADI, 071311433101UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHotman M. Siahaan, Prof., Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 14 Jan 2018 21:28
Last Modified: 14 Jan 2018 21:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68254
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item