ANALISIS PELANGGARAN HAM AMERIKA SERIKAT DALAM KEBIJAKAN WAR ON TERROR PADA MASA PEMERINTAHAN GEORGE W. BUSH: STUDI KASUS KAMP TAHANAN DAN TENTARA BAYARAN

Kadek Wema Satyadinata, 071514553003 (2017) ANALISIS PELANGGARAN HAM AMERIKA SERIKAT DALAM KEBIJAKAN WAR ON TERROR PADA MASA PEMERINTAHAN GEORGE W. BUSH: STUDI KASUS KAMP TAHANAN DAN TENTARA BAYARAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (jurnal)
jurnal 1.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penulis melakukan penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami dan menganalisis pelanggaran HAM Amerika Serikat dalam kebijakan War on Terror pada masa pemerintahan George W.Bush, khususnya dalam kasus tentara bayaran dan kamp tahanan. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis dari dokumendokumen yang dirilis oleh lembaga-lembaga yang memiliki kaitan dengan penelitian ini dan juga dengan studi kepustakaan, seperti buku, jurnal, internet, serta media cetak dan elektronik. Penulis menemukan bahwa Amerika Serikat telah melakukan pelanggaran HAM dalam upayanya memerangi terorisme pasca serangan teror terhadap fasilitas publik dan militer, dibuktikan dengan laporan dan hasil investigasi yang dilakukan secara internal maupun eksternal. Pasca serangan 9/11, Amerika Serikat kemudian melakukan invasi militer ke negara-negara yang dianggap sebagai sarang teroris, seperti Irak. Karena kekurangan pasukan, Amerika Serikat kemudian menyewa tentara bayaran yaitu dari PMC Blackwater. Keberadaan PMC Blackwater ini tidak sesuai aturan dan tidak mengindahkan nilai-nilai HAM, seperti yang dilakukan di Kota Fallujah, Irak. Didalam proses interogasi terhadap terduga pelaku teror, Amerika Serikat juga melakukan pelanggaran HAM, berupa penyiksaan sampai pembunuhan yang dilakukan di beberapa kamp tahanan, yaitu Guantanamo, Abu Ghraib dan Bagram. Tesis ini kemudian akan menjawab pertanyaan mengapa Amerika Serikat melakukan pelanggaran HAM didalam kebijakan War on Terror Pemerintahan George W.Bush, khususnya yang terkait dengan kamp tahanan dan tentara bayaran. Terdapat beberapa jawaban yang ditemukan penulis yang diuraikan dalam pembahasan tesis ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THI 12/17 Sat a
Uncontrolled Keywords: Hak Asasi Manusia, War on Terror, Tentara Bayaran, Kamp Tahanan, Pelanggaran
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Kadek Wema Satyadinata, 071514553003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSartika Soesilowati, Dra.,M.A.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2017 22:24
Last Modified: 17 Dec 2017 22:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68296
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item