PRAKTIK SOSIAL DAN UPAYA PEMBERDAYAAN (Studi Tentang Pemberdayaan Perempuan Komunitas Pelangi Nusantara Malang)

ANITA AYU FATMANINGTIAS, 071414753021 (2016) PRAKTIK SOSIAL DAN UPAYA PEMBERDAYAAN (Studi Tentang Pemberdayaan Perempuan Komunitas Pelangi Nusantara Malang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TSO 02-17 Fat p Abstrak.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSO 02-17 Fat p Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus studi ini menjelaskan tentang praktik sosial anggota Komunitas Pelanusa dan proses pemberdayaan yang dilakukan komunitas. Latar belakang pendidikan anggota bervariasi, mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga tingkat Sarjana. Pemenuhan kebutuhan ekonomi, mengisi waktu luang dan upaya peningkatan kemampuan merupakan alasan anggota bergabung dengan komunitas. Digunakannya kerangka berpikir teori prakik sosial Pierre Bourdieu. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Untuk menentukan informan digunakan teknik snowball. Data kemudian dianalisis menggunakan kerangka berpikir teori praktik sosial Pierre Bourdieu, yakni anggota membentuk habitus dan menentukan bagaimana tindakan yang dilakukan untuk memperjuangkan posisi sosialnya melalui akumulasi modal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sosial yang berbeda, menyebabkan anggota melakukan berbagai strategi untuk mempertahankan atau memperbaharui posisi sosialnya dalam arena. Aturan yang dibuat oleh komunitas digunakan untuk mengontrol dan menjaga keteraturan komunitas justru membuat anggota tidak mandiri yaitu membuat ketergantungan pada komunitas terkait pemasaran produk. Komunitas Pelanusa melakukan pemberdayaan melalui delapan tahapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 TSO.02/17 Fat p
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan, Praktik Sosial, Habitus, Arena, Komunitas Pelangi Nusantara
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
ANITA AYU FATMANINGTIAS, 071414753021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutinah, Dr. Dra, M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorBagong Suyanto, Dr. , Drs. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 18 Feb 2018 19:01
Last Modified: 18 Feb 2018 19:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68326
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item