PRODUKSI RUANG DAN REPRESENTASI RUANG DALAM DINAMIKA KONFLIK SPASIAL DI KAMPUNG INGGRIS

Sindy Wulandari, 071514753002 (2017) PRODUKSI RUANG DAN REPRESENTASI RUANG DALAM DINAMIKA KONFLIK SPASIAL DI KAMPUNG INGGRIS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TSO 14-17 Wul p Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSO 14-17 Wul p Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (FULL ARTICLE)
TSO 14-17 Wul p Jurnal.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya fenomena keberadaan lembaga kursus yang berdiri dan berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Keberadaan lembaga kursus kurang lebih sekitar 30 tahun berada di dua Desa yakni Desa Tulungrejo dan Desa Pelem. Perkembangan lembaga kursus yang sangat tinggi terjadi di Desa Tulungrejo dengan menggunakan dan memanfaatkan ruang-ruang yang di miliki oleh masyarakat lokal. Permasalahan yang berada dalam penelitian di Desa Tulungrejo ini adalah, sebagian besar lembaga kursus yang berdiri adalah bukan milik dari masyarakat lokal, melainkan adalah milik dari pendatang yang memiliki kemampuan dan modal untuk mendirikan lembaga kursus dan bentuk usaha lainnya. Kedatangan pendatang ke Desa Tulungrejo dan memanfaatkan ruang-ruang milik masyarakat tidak terlepas dari terjadinya praktik spasial yang dilakukan pendatang dengan membeli dan menyewa rumah milik masyarakat lokal. Dominasi yang dilakukan pendatang dengan menggunakan ruang milik masyarakat lokal dengan berbagai kepentingan membuat masyarakat tersisihkan dan kalah bersaing dengan pendatang, baik dalam usaha maupun mendirikan lembaga kursus. Produksi ruang yang terjadi di Desa Tulungrejo, menyebabkan persaingan dan konflik yang terjadi pada masyarakat lokal dan pendatang. Penelitian terkait dengan Produksi Ruang dan Representasi Ruang dalam Dinamika Konflik Spasial di Kampung Inggris bertujuan untuk memahami secara mendalam tentang kondisi yang dialami masyarakat lokal dengan adanya brand sebagai Kampung Inggris dan proses terjadinya produksi ruang. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses terjadinya praktik spasial, bentuk ruang representasi dan proses terbentuknya representasi ruang yang terjadi di Desa Tulungrejo. Penelitian produksi ruang terkait dengan praktik spasial, ruang representasi dan representasi ruang di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma kritis. Adapun landasan teori utama yang digunakan adalah teori produksi ruang dari Henri Lefebvre.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK2 TSO.14/17 Wul p
Uncontrolled Keywords: Produksi Ruang, Kampung Inggris
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Sindy Wulandari, 071514753002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagong Suyanto, Prof. Dr. , Drs. M. SiUNSPECIFIED
Thesis advisorSutinah, Dra. ,M. SUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 19 Feb 2018 16:33
Last Modified: 19 Feb 2018 16:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68353
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item