Ajeng Fauqiyyatul Alfani, 071511623004
(2017)
Persepsi Pengguna Terhadap Berbagai Layanan Di Perpustakaan
Badan Arsip Dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah.
Libri-Net, 6 (3).
pp. 67-68.
Abstract
Pada era perkembangan saat ini, masyarakat kini mulai berkembang dalam
berbagai aspek salah satunya adalah pada aspek informasi. Adanya perkembangan
informasi inilah penyedia layanan termasuk perpustakaan mulai lebih
meningkatkan kualitas layanan mereka dengan betuk semakin beragamnya jenis
layanan-layanan di perpustakaan. Akan tetapi pengguna perpustakaan memiliki
kriteria-kriteria penilaian maupun persepsi yang berbeda-beda pada setiap layanan
yang diberikan oleh perpustakaan. Berdasarkan dari berbagai perbedaan persepsi
pada kualitas layanan inilah maka dilakukan pengukuran tentang kualitas berbagai
layanan di perpustakaan Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa
Tengah. Penelitian ini menggunakan teori Gronroos yaitu dimensi kualitas layanan
dengan tujuan untuk melakukan pengukuran kualitas layanan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan teknik
penggambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian
ini, hasil yang didapatkan berupa persepsi pengguna terhadap kualitas layanan
sirkulasi (dewasa/umum dan remaja) menunjukkan bahwa dari keseluruhan
pengukuran kualitas dapat dilihat layanan sirkulasi umum/dewasa lebih unggul
daripada layanan sirkulasi remaja. Kemudian kualitas koleksi pada layanan
referensi memiliki nilai yang cukup baik daripada kualitas koleksi pada layanan
terbitan berkala dan layanan deposit. Selain itu juga terdapat keterkaitan antara
karakteristik pengguna layanan dengan penilaian persepsi pengguna.
Actions (login required)
|
View Item |